Inilah 3 Sumber Kekayaan Utama Mohammed bin Salman

Rabu, 27 April 2022 - 08:15 WIB
loading...
Inilah 3 Sumber Kekayaan Utama Mohammed bin Salman
Inilah 3 Sumber Kekayaan Utama Mohammed bin Salman. FOTO/Reuters
A A A
RIYADH - Siapa tak mengenal Mohammed bin Salman ? Ia merupakan Putra Mahkota Arab Saudi yang beberapa tahun lalu baru saja membeli salah satu klub besar liga inggris, Newcastle United, kekayaan Mohammed bin Salman tentunya sudah diakui dunia.

Dilansir dari ESPN, Public Investment Fund (PIF) milik Muhammed bin Salman memiliki kekayaan senilai 320 miliar Pounds atau sekitar Rp. 6.188 triliun. Dengan jumlah kekayaan tersebut tentu banyak yang bertanya-tanya, dari mana saja sumber pendapatan pangeran Arab Saudi tersebut? yang pasti semua itu didapat dari kejeliannya dalam berinvestasi.



Mohammed bin Salman sendiri dikenal sebagai orang yang pandai dalam berinvestasi untuk menanam kekayaannya. Dari kekayaannya itu juga dia memiliki pesawat pribadi, kapal pesiar mewah, dan mobil mobil mewah.

Sebelum kekayaan besar yang diraih saat ini Mohammed bin Salman pernah menjadi penasihat resmi Gubernur di Riyadh pada tahun 2009. Posisi Gubernur Riyadh pada saat itu dijabat adalah Ayahnya sendiri, seiring berjalannya waktu ia kemudian diangkat menjadi putra mahkota setelah ayahnya menjadi Raja Arab Saudi.

Setelah menjadi putra mahkota, Mohammed bin Salman sempat menjadi Perdana Menteri pada tahun 2017. Dari sini dia mulai melakukan beberapa investasi besar, baik di dalam maupun luar negeri, yang kemudian membuat kekayaan Mohammed bin Salman meningkat pesat.

Berikut merupakan sumber kekayaan utama Mohammed bin Salman :



1. Pemilik Kendali Perusahaan Aramco
Perusahaan Aramco merupakan perusahaan minyak dan gas dengan pendapatan dan kapitalisasi pasar terbesar di dunia, disusul di posisi kedua dan ketiga ditempati oleh ExxonMobil dan Chevron dari Amerika Serikat.

Pendapatn dari perusahaan ini diperkirakan mencapai angka USD1,3 triliun atau setara Rp 18.740,2 triliun. Tentu dari perusahaan sebesar ini merupakan salah satu sumber pendapatan besar milik Mohammed bin Salman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1879 seconds (0.1#10.140)