China Bangun Sistem Pertahanan Luar Angkasa, Ini Targetnya

Senin, 25 April 2022 - 15:26 WIB
loading...
China Bangun Sistem Pertahanan Luar Angkasa, Ini Targetnya
China menyiapkan sistem pertahanan luar angkasa untuk melindungi bumi. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - China berusaha membangun sistem yang mampu memantau asteroid secara efektif dan berpotensi mengubah arahnya untuk melindungi Bumi dari kemungkinan dampak tabrakan.

Wakil Kepala Badan Luar Angkasa Nasional China (CNSA) Wu Yanhua mengungkapkan pada Minggu bahwa Beijing memperkirakan akan menabrak asteroid sebagai bagian dari percobaan di beberapa titik pada 2025.

“Apa yang direncanakan untuk didirikan adalah sistem pemantauan dan pertahanan asteroid dekat Bumi yang juga berpotensi mampu melindungi pesawat ruang angkasa,” ungkap Wu kepada China Central Television selama acara Space Day of China tahun ini.



Sistem yang akan mencakup elemen berbasis darat dan luar angkasa itu akan membuat katalog dan menganalisis asteroid untuk menentukan mana yang berpotensi mengancam Bumi atau aktivitas manusia di luar angkasa.



“Secara khusus, sistem akan melibatkan kerangka simulasi komputer yang akan memodelkan potensi dampak asteroid,” papar dia.



Proyek ini masih menunggu persetujuan otoritas China. Global Times melaporkan, itu membutuhkan koordinasi beberapa departemen.

China bukan satu-satunya negara yang mengkhawatirkan ancaman asteroid terhadap Bumi. NASA telah mengembangkan proyek serupa juga.

Pada November 2021, Badan Antariksa AS meluncurkan penyelidikan yang dirancang untuk menyerang asteroid kecil untuk menguji apakah perubahan arah melalui tumbukan dimungkinkan dan apakah ini bisa menjadi pertahanan planet yang efektif terhadap ancaman semacam itu.

Dipasang di salah satu roket Falcon 9 SpaceX, probe, yang disebut DART, seharusnya menyerang batu ruang angkasa kecil yang mengorbit asteroid yang lebih besar, mengubah kecepatan asteroid dengan sepersekian persen, tetapi cukup untuk diamati dan diukur dari Bumi.

Penyelidikan ini diharapkan mencapai targetnya sekitar 10 bulan setelah peluncuran.

“Tidak ada asteroid yang diketahui mampu menimbulkan kerusakan serius yang akan bertabrakan dengan Bumi dalam 100 tahun ke depan,” ungkap NASA Oktober lalu.

Namun, badan tersebut menambahkan bahwa 60% dari batuan luar angkasa tersebut mungkin sebenarnya masih belum ditemukan.

Satu meteor meledak di atas kota Chelyabinsk di Rusia pada 2013. Meskipun benda itu terbakar di atmosfer dan hanya sebagian kecilnya yang mencapai Bumi, ledakan itu menyebabkan 1.600 orang terluka, dengan puluhan orang dirawat di rumah sakit.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2074 seconds (0.1#10.140)