Gara-gara Mohammed bin Salman, Para Pangeran Arab Saudi Jual Rumah dan Kapal Pesiar

Senin, 25 April 2022 - 09:31 WIB
loading...
A A A
Perwakilan untuk harta Pangeran Turki tidak dapat dihubungi dan seorang saudara lelaki yang masih hidup tidak menanggapi pertanyaan tentang penyelidikan Inggris, yang tidak pernah diungkapkan secara terbuka oleh sang pangeran.

Pangeran Turki menjual kapal pesiar sepanjang 203 kaki pada tahun 2020 dan rumah senilai $28,5 juta di komunitas eksklusif Beverley Park di Los Angeles pada tahun 2021, menurut orang-orang yang mengetahui transaksi tersebut.

Dia meninggal sebelum penjualan rumah selesai, namun keluarganya tidak bisa dihubungi untuk dimintai komentar.

Ketentuan persetujuannya tidak dapat dipelajari setelah penangkapannya di Ritz-Carlton. Kekayaan bersihnya sebelumnya diperkirakan lebih dari USD3 miliar, menurut seorang pejabat Saudi.

Orang lain yang menjual aset mereka tidak pernah tertangkap. Misalnya, pada tahun 2021, Pangeran Bandar menjual tanah senilai USD155 juta di Cotswolds, sebelah barat London, menurut orang-orang yang dekat dengannya dan mengetahui transaksi tersebut.

Dia pernah dekat dengan pusat kekuasaan Saudi, dan dua putranya sekarang memegang posisi penting sebagai duta besar di Washington dan London.

Pada tahun 2007, pemerintah Inggris mengakhiri penyelidikannya atas tuduhan bahwa dia telah memperkaya diri sendiri dari "Kesepakatan Al Yamamah" tanpa membuat temuan apa pun. Pangeran Bandar dengan tegas membantah bahwa jumlah yang terlibat mewakili komisi rahasia untuknya.

Pangeran Bandar adalah putra mendiang Pangeran Sultan bin Abdulaziz, salah satu cabang utama keluarga kerajaan yang sumber pendapatannya telah mengering di bawah Pangeran Mohammed bin Salman. Sedangkan Pangeran Turki adalah menantu Pangeran Sultan.

Kekayaan Pangeran Sultan sebagian besar disebabkan oleh aksesnya ke dana, personel, dan sumber daya pemerintah selama hampir setengah abad sebagai menteri pertahanan.

Pernyataan bank yang ditinjau oleh The Wall Street Journal menunjukkan bahwa hanya dalam satu tahun, dia mentransfer puluhan juta dolar dari rekening pemerintah di Saudi American Bank langsung ke rekening proxy di Swiss untuk membantu membiayai gaya hidupnya. “Itu sudah 100% berhenti,” kata seseorang yang akrab dengan kegiatan itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1325 seconds (0.1#10.140)