Penjara Ini Dulu Satu-satunya Hotel Prodeo untuk Homoseksual di Dunia

Minggu, 24 April 2022 - 10:36 WIB
loading...
A A A
"Mereka mencoba untuk membawa mereka ke jalur yang 'benar'. Mereka pikir mereka bisa menyembuhkan mereka," ujarnya.

Itu juga, katanya, mengapa tahanan berada di sel tunggal. "Anda tidak akan tidur bersama...itu adalah salah satu masalah terbesar kami - mengawasi mereka," kata New yang sekarang berusia 94 tahun.

Dokumen sejarah menunjukkan Menteri Kehakiman New South Wales (NSW) Reg Downing mengambil kredit untuk mendirikan penjara tersebut.

Dia dilaporkan menyatakan "kebanggaan" pada proyek peliharaannya, mengatakan kepada Sydney Morning Herald pada tahun 1957: "Tidak ada tempat penjara yang saya temukan di Eropa atau Amerika di mana homoseksual dipisahkan dari tahanan lain."

Pernyataan pers tahun 1958 dari Downing menyebut penjara Cooma sebagai satu-satunya lembaga pemasyarakatan di dunia, sejauh yang diketahui, dikhususkan untuk penahanan pelaku homoseksual.

Baca juga: Demonstran Wanita Ini Gelar Protes Telanjang Dada di Luar Pengadilan

Tahanan di Cooma dipenjara karena menjadi gay, atau kejahatan yang berkaitan dengan menjadi gay; homoseksualitas tidak didekriminalisasi di NSW sampai tahun 1984.

Undang-undang negara bagian baru yang kejam pada tahun 1955 telah menindak homoseksualitas. Mereka mengikuti tekanan dari komisaris polisi negara bagian, Colin Delaney, yang menurut jaksa agung saat itu merasa bahwa undang-undang perbaikan adalah kebutuhan mendesak untuk memerangi kejahatan".

"Klausul baru termasuk 'meminta' - seorang pria dapat ditangkap hanya karena mengobrol dengan pria lain," kata sejarawan Garry Wotherspoon kepada BBC.

"Perubahan legislatif ini sangat luas dalam serangan mereka terhadap kebebasan sipil pria yang dianggap memiliki hasrat homoerotik," terangnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2408 seconds (11.210#12.26)