Banyak Gangguan, Maskapai Rusia Disuruh Bersiap Terbang Tanpa GPS

Jum'at, 22 April 2022 - 22:51 WIB
loading...
A A A
Para kru juga dilaporkan telah diberitahu untuk segera memberi tahu kontrol lalu lintas tentang masalah apa pun dengan sistem navigasi satelit.

“Surat dari badan tersebut harus diperlakukan sebagai rekomendasi saja dan bukan merupakan larangan penggunaan GPS oleh maskapai Rusia,” papar surat kabar tersebut mengklarifikasi.

Beberapa operator Rusia, termasuk yang besar seperti Aeroflot dan S7, telah mengkonfirmasi menerima pesan yang relevan dari regulator lalu lintas.

Namun, mereka bersikeras bahwa mereka tidak mengalami masalah dengan GPS selama dua bulan terakhir.

Rosaviatsia kemudian mengklarifikasi, “Pemutusan sambungan dari GPS atau gangguannya tidak akan memengaruhi keselamatan penerbangan di Rusia.”

“Sinyal GPS bukan satu-satunya sumber informasi tentang lokasi pesawat pada saat tertentu. Kru juga dapat mengandalkan sistem navigasi inersia pesawat, serta sistem navigasi dan pendaratan berbasis darat,” papar badan tersebut.

Bulan lalu, Dmitry Rogozin, kepala badan antariksa Rusia Roscosmos, memperingatkan Washington mungkin memutuskan hubungan negara itu dari GPS sebagai bagian dari sanksi kejam yang dijatuhkan padanya atas konflik di Ukraina.

Pada Jumat, Rogozin menulis di Telegram untuk mengusulkan pengalihan semua pesawat komersial negara itu dari GPS ke mitranya dari Rusia, Glonass.

Namun, ini mungkin menjadi hal yang rumit untuk dilakukan karena pesawat Boeing dan Airbus, yang terutama digunakan maskapai penerbangan negara itu, dirancang hanya untuk mendukung teknologi GPS.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1871 seconds (0.1#10.140)