Bank Dunia Perkirakan Kerusakan Infrastruktur di Ukraina Mencapai Rp861,1 Triliun

Jum'at, 22 April 2022 - 14:07 WIB
loading...
Bank Dunia Perkirakan Kerusakan Infrastruktur di Ukraina Mencapai Rp861,1 Triliun
Bank Dunia Perkirakan Kerusakan Infrastruktur di Ukraina Mencapai Rp861,1 Triliun. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - Kerusakan fisik bangunan dan infrastruktur Ukraina akibat invasi Rusia telah mencapai sekitar USD60 miliar (Rp861,1, Triliun) dan akan meningkat lebih lanjut seiring berlanjutnya perang. Hal itu diungkapkan Presiden Bank Dunia , David Malpass, Kamis (21/4/2022).

Malpass mengatakan pada konferensi Bank Dunia tentang kebutuhan bantuan keuangan Ukraina, bahwa perkiraan awal biaya kerusakan "sempit" tidak termasuk biaya ekonomi yang meningkat dari perang ke Ukraina. "Tentu saja perang masih berlangsung, sehingga biayanya meningkat," kata Malpass, seperti dikutip dari Reuters.



Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, dalam pidato virtual di konferensi tersebut, menguraikan biaya dan kebutuhan pembiayaan yang jauh lebih besar. Dia mengatakan kepada peserta, bahwa Ukraina membutuhkan USD7 miliar per bulan untuk menebus kerugian ekonomi yang disebabkan oleh invasi Rusia ke negaranya.

"Dan, kita akan membutuhkan ratusan miliar dolar untuk membangun kembali semua ini nanti," kata Zelensky.

Menurutnya, komunitas global perlu segera mengeluarkan Rusia dari lembaga keuangan internasional, termasuk Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional dan lainnya. Ia juga menegaskan, semua negara harus segera bersiap untuk memutuskan semua hubungan dengan Rusia.

Zelensky menyerukan negara-negara yang telah menjatuhkan sanksi dan membekukan aset Rusia untuk menggunakan uang itu untuk membantu membangun kembali Ukraina setelah perang dan untuk membayar kerugian yang diderita oleh negara lain.



Konferensi di sela-sela pertemuan musim semi IMF dan Bank Dunia itu melibatkan pejabat keuangan dari sejumlah negara, termasuk Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS), Janet Yellen, yang sebelumnya mengatakan AS akan menggandakan janji bantuan non-militer langsungnya menjadi USD1 miliar.

Pada konferensi pers, Yellen mengatakan Rusia harus menanggung sebagian dari biaya pembangunan kembali Ukraina. "Jelas bahwa biaya pembangunan kembali, pada akhirnya, di Ukraina akan sangat besar," kata Yellen.

“Melihat ke Rusia dengan satu atau cara lain untuk membantu menyediakan sebagian dari apa yang diperlukan untuk membangun Ukraina adalah sesuatu yang saya pikir harus kita kejar," lanjutnya.

Namun, dia memperingatkan bahwa menggunakan cadangan bank sentral Rusia yang disita di AS untuk membangun kembali Ukraina akan menjadi "langkah signifikan" yang memerlukan diskusi dan kesepakatan dengan mitra internasional.



"Itu salah satu yang Anda perlu hati-hati memikirkan konsekuensinya. Saya tidak ingin melakukannya dengan enteng," tambahnya.

Perdana Menteri Ukraina Denys Shmyhal, yang menghadiri konferensi secara langsung, mengatakan PDB Ukraina bisa turun 30 persen menjadi 50 persen, dengan kerugian langsung dan tidak langsung sebesar USD560 miliar sejauh ini. Jumlah itu lebih dari tiga kali ukuran ekonomi Ukraina, pada USD155,5 miliar pada tahun 2020, menurut data Bank Dunia.



"Jika kita tidak menghentikan perang ini bersama-sama, kerugian akan meningkat secara dramatis," kata Shmyhal. Ia menambahkan, Ukraina akan membutuhkan rencana pembangunan kembali yang serupa dengan Rencana Marshall pasca-Perang Dunia II yang membantu membangun kembali Eropa yang dilanda perang.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1121 seconds (0.1#10.140)