Biden Haramkan Kapal Rusia Berlabuh di AS

Jum'at, 22 April 2022 - 02:15 WIB
loading...
Biden Haramkan Kapal Rusia Berlabuh di AS
Presiden Joe Biden melarang kapal Rusia untuk berlabuh di pelabuhan AS. Foto/Independent
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) akan mengikuti jejak Uni Eropa dan melarang semua kapal yang berafiliasi dengan Rusia untuk berlabuh di pelabuhannya. Hal itu diumumkan langsung oleh Presiden AS Joe Biden .

Larangan ini berlaku untuk semua kapal yang mengibarkan bendera Rusia, dimiliki, atau dioperasikan oleh entitas dari negara tersebut.

“Tidak ada kapal, tidak ada kapal yang berlayar di bawah bendera Rusia, atau yang dimiliki atau dioperasikan oleh kepentingan Rusia, akan diizinkan untuk berlabuh di pelabuhan AS atau mengakses pantai kami. Tidak ada,” kata Biden di Gedung Putih, setelah bertemu dengan Perdana Menteri Ukraina , seperti dikutip dari Russia Today, Jumat (22/4/2022).



Selain mengharamkan kapal Rusia berlabuh pelabuhan, Biden juga mengumumkan sebuah program untuk membebaskan warga Ukraina berimigrasi ke AS secara langsung, bantuan ekonomi langsung senilai USD500 juta ke Kiev – dengan total USD1 miliar sejak Februari – dan $800 juta lagi dalam bentuk senjata, amunisi, dan peralatan.

"Bantuan baru akan melihat puluhan howitzerdan 144.000 butir amunisi dikirim ke militer Ukraina," kata Biden.

AS juga berbagi data "intelijen tepat waktu yang signifikan" dengan Kiev dan mengoordinasikan pengiriman senjata dari sekutu dan mitranya, "mengirimnya langsung ke garis depan kebebasan," kata Biden.

Sekitar 18 howitzer derek, 200 pengangkut personel lapis baja usang dan 100 humvee sudah dalam perjalanan ke Ukraina, dan militer AS sedang melatih sekelompok kecil pasukan Ukraina untuk menggunakannya, di negara ketiga yang tidak disebutkan.



Rusia telah memperingatkan Barat bahwa mereka akan menargetkan sistem senjata apa pun yang dikirim ke Ukraina – seperti rudal S-300 Slovakia, yang dibawa Biden sebagai contoh bantuan yang berhasil ke Kiev, yang dilaporkan dihancurkan awal bulan ini . Namun klaim itu dibantah oleh Bratislava.

Biden mengklaim bahwa Ukraina telah memenangkan "kemenangan bersejarah" dalam pertempuran untuk Kiev, dengan bantuan senjata, intelijen, dan bantuan lain yang diberikan oleh Barat.

"Pembayar pajak dan tentara Amerika dapat bangga bahwa mereka membantu mempersenjatai dan mengusir agresi Rusia di Ukraina,” katanya.

Unit Rusia yang telah mendekati Kiev dari barat dan utara pada awal Maret mundur pada akhir bulan tanpa perlawanan. Negosiator Moskow dalam pembicaraan damai mengatakan ini adalah isyarat niat baik terhadap pihak Ukraina.

"Konflik di Ukraina mungkin berlangsung untuk waktu yang sangat lama, dan yang paling penting adalah menjaga persatuan di dalam dan luar negeri," kata Biden kepada wartawan.



"Ini adalah tanggung jawab AS untuk menyatukan seluruh dunia dalam peperangan ini," tambahnya.

Biden juga bersumpah bahwa Rusia tidak akan pernah berhasil mendominasi dan menduduki seluruh Ukraina, sesuatu yang Moskow katakan tidak pernah berniat lakukan sejak awal.

Rusia menyerang negara tetangga itu pada akhir Februari, menyusul kegagalan Ukraina untuk mengimplementasikan persyaratan perjanjian Minsk, yang pertama kali ditandatangani pada 2014, dan berujung pada pengakuan Moskow atas republik Donbass di Donetsk dan Lugansk.

Protokol yang diperantarai Jerman dan Prancis dirancang untuk memberikan status khusus kepada daerah-daerah yang memisahkan diri di dalam negara Ukraina.

Kremlin sejak itu menuntut agar Ukraina secara resmi menyatakan dirinya sebagai negara netral yang tidak akan pernah bergabung dengan blok militer NATO yang dipimpin AS. Kiev menegaskan serangan Rusia benar-benar tidak beralasan dan membantah klaim bahwa pihaknya berencana untuk merebut kembali kedua republik dengan paksa.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1089 seconds (0.1#10.140)