Profil 4 Orang Islam Pertama di Jepang, Nomor 2 Terkesima Keindahan Masjid

Kamis, 21 April 2022 - 17:47 WIB
loading...
A A A
Diketahui, Mitsutaro Yamaoka adalah satu dari empat orang Jepang pertama yang mualaf. Yamaoka melakukan perjalanan haji pada tahun 1900-an, sebagai hubungan diplomatik antara Jepang dan Arab Saudi.

Profil 4 Orang Islam Pertama di Jepang, Nomor 2 Terkesima Keindahan Masjid


Dia lalu mengubah namanya menjadi Umar Yamaoka pada 1909. Dia masuk Islam di Bombay, India setelah bertemu dengan ulama Rusia bernama Abdul Rashid Ibrahim.

Selama perjalanan hajinya, Yamaoka membuat catatan perjalanan untuk mendokumentasikan pengamatan dan membagikan pengalamannya lewat buku-buku.

2. Bumpachiro Ariga

Selanjutnya, ada Bumpachiro Ariga. Dia datang ke Bombay, India, sebagai pedagang Kristen pada tahun 1900. Ariga terkesima dengan indahnya masjid yang berdiri kokoh di kota itu.

Lalu, setelah mendapatkan pengaruh dari Muslim lokal setempat, akhirnya Ariga memutuskan memeluk agama Islam dan mengubah namanya menjadi Ahmad Ariga.

3. Shotaro Noda

Selain kedua nama tersebut, ada pula Shotaro Noda. Dijelaskan dalam penelitian “History of Islam in Japan” oleh Profesor Salih Mahdi S. Al-Samarrai, ketua Islamic Center Jepang, Shotaro Noda adalah wartawan di era Meiji yang ditugaskan untuk menetap di Turki dan berkenalan dengan Muslim Turki, Abdullah Guillaume.

Profil 4 Orang Islam Pertama di Jepang, Nomor 2 Terkesima Keindahan Masjid
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1425 seconds (0.1#10.140)