Laporkan China Lancarkan Serangan, Stasiun TV Taiwan Minta Maaf

Kamis, 21 April 2022 - 02:16 WIB
loading...
A A A
Taiwan adalah wilayah pemerintahan sendiri, yang secara de facto diperintah oleh pemerintahnya sendiri sejak 1949, ketika pihak yang kalah dalam perang saudara China melarikan diri ke pulau itu dan mendirikan pemerintahannya sendiri di sana.

China, pada bagiannya, menganggap pihak berwenang Taiwan sebagai separatis, bersikeras bahwa pulau itu adalah bagian yang tidak dapat dicabut dari China.

Dalam beberapa tahun terakhir, Beijing telah mengintensifkan kegiatan militernya di Selat Taiwan, memisahkan daratan China dari pulau itu. Pejabat tinggi China, termasuk Presiden Xi Jinping, secara terbuka mengatakan bahwa penggunaan kekuatan adalah salah satu opsi di atas meja untuk memastikan 'penyatuan kembali' Taiwan dengan Republik Rakyat China.



Di bawah apa yang disebut 'prinsip Satu-China' atau 'kebijakan Satu-China', sebagian besar negara menahan diri untuk secara resmi mengakui kemerdekaan Taiwan.

Bagaimanapun, Taiwan selama bertahun-tahun menikmati dukungan diplomatik dan militer yang luas dari Amerika Serikat (AS), yang memelihara hubungan tidak resmi dengan pulau itu. Washington telah berulang kali memperingatkan Beijing tentang konsekuensi berat jika mencoba mengambil alih Taiwan dengan paksa.

Sejak dimulainya serangan militer Rusia terhadap Ukraina pada 24 Februari, pihak berwenang Taiwan telah meningkatkan tingkat siaga mereka sendiri, dengan mengakui bahwa saat ini tidak ada tanda-tanda invasi segera oleh China.

Terpilih pada tahun 2016, Presiden Taiwan Tsai Ing-wen telah memprioritaskan peningkatan kemampuan pertahanan pulau itu, dengan program modernisasi besar-besaran yang diluncurkan oleh pemerintahannya.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1843 seconds (0.1#10.140)