Sekjen PBB Mohon Penerapan Jeda kemanusiaan 4 Hari di Ukraina

Rabu, 20 April 2022 - 22:12 WIB
loading...
Sekjen PBB Mohon Penerapan Jeda kemanusiaan 4 Hari di Ukraina
Sekjen PBB Mohon Penerapan Jeda kemanusiaan 4 Hari di Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
NEW YORK - Sekretaris Jenderal PBB , Antonio Guterres telah mengajukan permohonan untuk jeda kemanusiaan Pekan Suci selama empat hari dalam perang di Ukraina yang dimulai pada Kamis Putih dan berlangsung hingga Minggu Paskah, 24 April.

Menurutnya, jeda diperlukan untuk memungkinkan koridor kemanusiaan. Ia juga memperingatkan bahwa kehancuran dan kehilangan manusia yang terlihat sejauh ini “tidak ada artinya dibandingkan dengan kengerian yang ada di depan”.



“Dalam lima hari, Ukraina dan Rusia akan merayakan Paskah,” kata Guterres. “Hari raya ini adalah waktu untuk merenungkan makna penderitaan, pengorbanan, kematian, dan kelahiran kembali. Tapi tahun ini, Pekan Suci sedang diamati di bawah awan perang yang mewakili penolakan total dari pesan Paskah,” lanjutnya, seperti dikutip dari Reuters.

Berbicara ketika pasukan Rusia dan Ukraina terlibat dalam pertempuran yang telah lama ditunggu-tunggu di timur Ukraina pada hari Selasa, Guterres mengatakan bahwa "konsentrasi kekuatan dan senjata yang mengerikan" membuat pertempuran ini lebih keras dan destruktif".

Ia memperingatkan bahwa warga sipil kehilangan dunia dan sejauh ini telah menyaksikan kengerian yang terbentang di depan. "Ini tidak bisa dibiarkan terjadi," kata Guterres kepada wartawan di New York. "Ratusan ribu nyawa tergantung pada keseimbangan," tambahnya.



Banyak upaya dan itikad baik oleh banyak pihak untuk mencapai gencatan senjata di Ukraina telah gagal. Menyesali upaya gagal oleh banyak pihak untuk mencapai gencatan senjata di Ukraina, Sekjen PBB mengatakan bahwa jeda kemanusiaan diperlukan untuk memungkinkan perjalanan yang aman dari semua warga sipil yang melarikan diri dari daerah konfrontasi, dan pengiriman bantuan yang menyelamatkan jiwa ke yang paling sulit. -daerah yang terkena, seperti Mariupol, Kherson, Donetsk dan Luhansk.

Menurut PBB, lebih dari 12 juta orang membutuhkan bantuan kemanusiaan di Ukraina, dengan Guterres memperkirakan jumlahnya akan meningkat menjadi sekitar 16 juta, atau 40 persen warga Ukraina masih berada di negara itu.



Dia kembali meminta Rusia dan Ukraina untuk membungkam senjata dan mulai menempa jalan menuju perdamaian dan keamanan. Dia juga mendesak "semua pejuang perdamaian di seluruh dunia" untuk bergabung dengan seruan Paskahnya.

“Selamatkan nyawa. Hentikan pertumpahan darah dan kehancuran. Buka jendela untuk dialog dan perdamaian dan tetap percaya dengan makna dan pesan Paskah,” kata Guterres.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1281 seconds (0.1#10.140)