Mengapa Masjid Al-Aqsa Diperebutkan Israel dan Palestina? Ini Sejarahnya

Senin, 18 April 2022 - 15:17 WIB
loading...
A A A
Terlepas dari jaminan kebebasan beribadah ini, Israel memang mengubah pemandangan di sekitar Tembok Barat dari Temple Mount.

"Hal pertama yang dilakukan Israel ketika mengambil kendali di tahun 1967 adalah menghancurkan semua rumah Moor di depan Tembok Barat, untuk menciptakan ruang terbuka besar yang baru, sebuah piazza, dan Anda akan melihat perubahannya, itu tidak lagi Tembok Ratapan, sekarang menjadi Tembok Barat karena tentu saja zamannya jauh lebih baik," kata O'Connor.

"Tetapi mereka menyadari akan ada kekacauan di seluruh dunia Arab jika mereka berusaha untuk mengambil alih Temple Mount. Dan saya pikir para politisi senang ketika para Rabi Agung mengeluarkan proklamasi yang melarang orang-orang Yahudi pergi ke Temple Mount, karena mereka mungkin tersesat ke daerah yang dilarang untuk mereka datangi."

Namun, tidak semua orang Yahudi mengikuti logika itu. Setelah Israel menguasai Yerusalem, sejumlah kecil orang Yahudi mulai berpendapat bahwa sebuah kuil Yahudi baru harus dibangun di Temple Mount.

"Ini muncul pertama-tama hanya di antara sekelompok kecil ekstremis, dan kedua hanya muncul setelah 1967; orang hampir tidak mendengar hal seperti itu sebelum tahun 1967. Jadi itu adalah hasil setelah penangkapan Temple Mount, itu bukan alasan untuk penangkapan Temple Mount...Dan bahkan setelah tahun 1967, ada suara yang sangat kuat bahkan di antara bagian populasi Yahudi Ortodoks, pada kenyataannya terutama di antara bagian populasi Yahudi Ortodoks, menolak gagasan seperti itu," kata Wasserstein.

"Beberapa orang fanatik dari waktu ke waktu pergi ke sana dan mencoba untuk mengadakan pertemuan doa dan itu adalah salah satu hal yang menyebabkan masalah dan menyebabkan kerusuhan, dan kemudian ada upaya oleh beberapa orang fanatik untuk melakukan hal yang lebih buruk. Salah satunya meledak, pada tahun 1982, dan mulai dengan senapan mesin dan mulai menembaki orang-orang di Dome of the Rock, dan yang lain mencoba meledakkan Dome of the Rock, dan untungnya mereka dihentikan oleh Layanan Keamanan Israel."

"Tetapi orang-orang fanatik ini, yang merupakan bagian yang sangat kecil dari kelompok sayap kanan, saya akan mengatakan bahwa mereka hampir gila di Israel, sangat berisik dan telah menyebabkan banyak masalah karena mereka telah menimbulkan ketakutan serius di kalangan Muslim bahwa Zionis telah melakukan ambisi rahasia untuk mengambil alih Temple Mount, dan itu menyebabkan kerusuhan, hal itu menyebabkan kontra-kekerasan oleh Muslim menjatuhkan batu bata misalnya, melemparkan batu dari puncak Temple Mount ke bawah ke orang-orang Yahudi yang berdoa di bawah di Tembok Ratapan, di Tembok Barat, dan suasana menjadi sangat, sangat tegang," paparnya.

Pada tahun 2000, ketegangan kembali berkobar ketika Ariel Sharon (PM Israel 2001-2006) melakukan kunjungan kontroversialnya ke Temple Mount, yang mengakibatkan kerusuhan di seluruh Yerusalem.

"Ya, Ariel Sharon berkata, 'Orang Yahudi bisa pergi ke mana pun kita suka', itulah poin yang ingin dia sampaikan," kata O'Connor.
“Dia berkata, 'Meskipun saya seorang menteri di pemerintahan, ini akan menjadi kunjungan pribadi murni'. Nah, sinisme itu di luar dugaan, karena ia rupanya didampingi 1.000 polisi. Jika Sharon pergi ke sana sebagai turis pribadi seperti orang lain, tidak ada yang akan memperhatikan, tidak ada yang akan peduli. Tapi dia memiliki kontingen besar polisi bersenjata. Jelas dia mencari masalah, dan tentu saja mendapatkannya," paparnya.

Hari ini masalah itu berlanjut, dan sejak pekan pertama Ramadhan, ketegangan di Yerusalem telah meningkat menjadi kekerasan.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1627 seconds (0.1#10.140)