Mengapa Masjid Al-Aqsa Diperebutkan Israel dan Palestina? Ini Sejarahnya

Senin, 18 April 2022 - 15:17 WIB
loading...
A A A
Seperti Khalifah Umar, Saladin toleran terhadap agama lain, dan sementara orang Yahudi dan Kristen tidak diberi status yang sama dengan Muslim, mereka diizinkan untuk tinggal dan beribadah di Yerusalem.

Menurut Oleg Grabar, pensiunan profesor Seni dan Arkeologi Islam, dan penulis "The Dome of the Rock", komunitas Yahudi saat ini tidak membuat klaim apa pun atas Temple Mount.

"Komunitas Yahudi memiliki kehidupan sendiri di kota Yerusalem. Mereka memiliki sinagoga mereka, mereka memiliki pengadilan mereka, tetapi mereka sangat sedikit terlibat dengan Temple Mount di mana kuil itu dulu, sampai abad ke-16 di mana mereka mulai datang dan meratapi kejatuhan kuil. Sekarang mengapa dan bagaimana ini dimulai, saya tidak sepenuhnya yakin, dan itu tetap ada sampai tahun 1967," paparnya.

Mengapa Tembok Ratapan menjadi begitu penting bagi orang Yahudi dan di mana cocok dengan geografi Temple Mount?

"Tembok Ratapan adalah bagian dari dinding barat kuil yang dibangun oleh Herodes, jadi itu adalah dinding luar kuil Herodes, dan konstruksi Herodes adalah pasangan bata yang megah, jadi ini sekarang masih dalam kondisi luar biasa," kata Grabar.

"Itu adalah bagian yang paling mudah diakses, yang paling terlihat dari dinding itu. Segala sesuatu yang lain dikelilingi oleh bangunan lain, aktivitas lain; itu satu-satunya yang terlihat sangat jelas."

Wasserstein mengatakan ada laporan yang sangat awal tentang orang-orang Yahudi yang berdoa di Tembok Ratapan, tetapi itu hanya menjadi masalah politik pada akhir abad ke-19 dan ke-20.

Pemerintahan Islam Yerusalem berakhir dengan kekalahan Kekaisaran Ottoman setelah Perang Dunia I, dan kota itu menjadi bagian dari Mandat Inggris atas Palestina.

Bahkan sebelum jatuhnya Kesultanan Utsmaniyah, orang-orang Yahudi Eropa, banyak di antaranya adalah Zionis, sudah mulai berdatangan ke Palestina. Baik Inggris maupun para imigran Yahudi ini tidak mempertanyakan berlanjutnya kontrol atas Haram al-Sharif oleh komunitas Muslim. Namun, ada upaya oleh beberapa Zionis untuk membeli area di depan Tembok Ratapan.

"Ada apa yang disebut Moroccan Trust yang memiliki rumah atau gubuk yang ada tepat di depan tembok," kata Wasserstein.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1799 seconds (0.1#10.140)