Serbu Jenin Palestina, Israel Kerahkan Pasukan Elite Shayetet 13

Senin, 11 April 2022 - 15:19 WIB
loading...
A A A
Serangan di mana pasukan dari Shayetet 13 ambil bagian terjadi ketika pasukan keamanan Israel meningkatkan operasi ofensif mereka di kota-kota Palestina menyusul serangkaian serangan teroris mematikan yang telah menewaskan 14 orang dalam waktu kurang dari tiga minggu.

Sumber IDF mengatakan kepada The Jerusalem Post, Senin (11/4/2022) bahwa keputusan untuk menggunakan pasukan dari unit tersebut untuk melakukan penangkapan tersangka militan Palestina adalah peristiwa “unik” yang “jarang terjadi".

Shayetet 13 adalah unit komando elite Angkatan Laut Israel yang berspesialisasi dalam serangan laut-ke-darat, kontra-terorisme, sabotase, pengumpulan intelijen maritim, penyelamatan sandera maritim, dan boarding.

Ia dianggap sebagai salah satu unit pasukan khusus utama bersama dengan unit Angkatan Darat; Sayeret Matkal, dan unit Shaldag dari Angkatan Udara Israel, serta merupakan salah satu unit paling rahasia di militer.

Pada bulan Juni tahun lalu, unit tersebut menerima pujian dari Kepala Staf IDF Letnan, Jenderal Aviv Kohavi, atas serangkaian operasi yang dilakukan selama setahun yang menunjukkan “kekuatan, kreativitas, dan inovasi” selama Operation Defensive Shield di Gaza.

Unit itu juga dianggap berkontribusi pada kampanye perang-antar-perang IDF melawan Iran.

Unit terakhir memainkan peran sentral di Jenin selama Operasi Defensive Shield pada April 2002, tepatnya 20 tahun yang lalu.

Pasukan, dengan Kohavi di antara mereka, pergi dari rumah ke rumah mencari operasi teroris dalam apa yang dikenal sebagai "Pertempuran Jenin" yang diperjuangkan dengan sengit.

Pertempuran Jenin kala itu menyebabkan 13 tentara IDF dari Kompi Infanteri Brigade Kelima Batalion Cadangan 7020 tewas setelah mereka disergap di sebuah halaman rumah oleh orang-orang Palestina.

Warga Palestina saat itu juga berhasil menculik tiga jenazah tentara IDF yang tewas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1749 seconds (0.1#10.140)