AS Duga Kim Jong-un Akan Tes Senjata Nuklir saat Ultah Pendiri Korut

Kamis, 07 April 2022 - 18:30 WIB
loading...
A A A
“Sebaliknya mereka telah memulai serangkaian uji coba rudal yang baru-baru ini memuncak dalam setidaknya tiga peluncuran ICBM (rudal balistik antarbenua). Tindakan ini menimbulkan ancaman serius bagi stabilitas regional," paparnya.

Sung Kim juga mengatakan bahwa China dan Rusia tidak membantu dorongan Presiden Joe Biden untuk memulai kembali pembicaraan dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Perundingan yang ditujukan untuk menahan ancaman nuklir Pyongyang mendapatkan daya tarik di bawah pemerintahan Donald Trump sebelumnya, tetapi kemudian berhenti.

Setelah Biden menjabat, Korea Utara memulai serangkaian uji coba rudal—sejauh ini sudah 13 uji coba—yang memuncak bulan lalu dengan uji coba rudal balistik yang berpotensi mengirimkan hulu ledak nuklir ke Amerika Serikat bagian timur.

Tes tersebut telah membuat khawatir tetangga dekat Korea Utara, Korea Selatan dan Jepang.

Pada hari Selasa, adik perempuan Kim Jong-un yang kuat, Kim Yo-jong memperingatkan bahwa Pyongyang akan menggunakan senjata nuklirnya untuk "melenyapkan" tentara Korea Selatan jika mereka meluncurkan serangan pendahuluan.

Sung Kim mengatakan bahwa Washington mendorong resolusi baru yang mengutuk tindakan Pyongyang di Dewan Keamanan PBB.

Namun dia mencatat bahwa dalam enam upaya awal tahun ini, Rusia dan China secara konsisten memblokir upaya AS untuk menghasilkan pernyataan publik PBB.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1109 seconds (0.1#10.140)