Rudolf Abel, Agen Rahasia Rusia yang Punya Banyak Nama

Rabu, 06 April 2022 - 14:06 WIB
loading...
Rudolf Abel, Agen Rahasia Rusia yang Punya Banyak Nama
Rudolf Abel (kanan) bertemu pengacara James B Donovan (kiri) pada 1957 dalam negosiasi pertukaran tahanan antara Amerika Serikat dan Uni Soviet. Foto/corbis
A A A
MOSKOW - Rudolf Abel atau Rudolf Ivanovich Abel, merupakan perwira intelijen Uni Soviet. Ia lahir di Newcastle upon Tyne, Northumberland, Inggris pada 11 Juli 1903 dengan nama William August Fisher.

Fisher telah berada di Amerika Serikat (AS) sejak 1948. Di AS, ia mengidentifikasi tingkat kemungkinan konflik militer dengan Amerika Serikat.

Selain itu, ia juga menciptakan saluran komunikasi ilegal yang handal, serta memperoleh informasi terkait situasi ekonomi dan potensi militer.



Akibat aksi mata-matanya, pada Juni 1957 Fisher ditangkap oleh AS. Ketika ditangkap, ia menamai dirinya dengan Rudolf Abel.



Selama penyelidikan, Abel menolak bersaksi di persidangan. Selain itu, ia juga menolak upaya badan intelijen AS untuk bekerja sama.



Kemudian pada November 1957, Abel dihukum selama 30 tahun. Ia menjalani masa hukuman di penjara federal di Atlanta.

Abel dihukum karena berkonspirasi untuk mengirimkan rahasia militer ke Uni Soviet. Intelijen Uni Soviet pun mulai memperjuangkan pembebasan Abel usai dijatuhi hukuman penjara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1790 seconds (0.1#10.140)