Kapal Selam Nuklir AS Lakukan Kunjungan Kejutan di Pelabuhan Norwegia

Rabu, 06 April 2022 - 13:43 WIB
loading...
A A A
Di masa lalu, militer Norwegia selalu memperingatkan publik sebelum kunjungan kapal selam yang kontroversial.

Menurut Eikeland, pertemuan umum tidak dapat dilakukan karena pandemi COVID-19, sehingga militer memilih untuk lebih terbuka tentang hal itu.

USS Albany sepanjang 110 meter adalah kapal selam serang kelas Los Angeles, yang merupakan tulang punggung kekuatan kapal selam Angkatan Laut AS.

Sebanyak 62 kapal selam kelas ini telah dibangun, 41 unit di antaranya masih dalam layanan aktif.

Tromso, kota terbesar di Eropa Barat di atas Lingkaran Arktik, adalah salah satu kota di Norwegia yang bertugas menerima kapal Sekutu.

Tonsnes adalah salah satu dari dua pelabuhan di Norwegia yang menerima kapal bertenaga nuklir NATO, meskipun pemerintah kota awalnya mengatakan tidak mau menerimanya.

Kebijakan kontroversial kota untuk menerima kapal bertenaga nuklir telah memicu reaksi di Tromso.

Pada Januari, demonstrasi diadakan di tengah panggilan pelabuhan oleh USS Washington, karena penduduk setempat cemas akan kecelakaan atau kebocoran nuklir.

Alasan reaksi keras tersebut adalah karena kota Tromso pada dasarnya tidak memiliki keahlian atau peralatan untuk menangani kemungkinan kecelakaan dengan kebocoran radioaktif yang akan mengakibatkan masalah kesehatan, kematian, atau kerusakan besar pada lingkungan.

Namun demikian, analisis risiko dan kerentanan oleh militer menekankan pemerintah tidak akan pernah memilih Tonsnes jika ada keraguan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1900 seconds (0.1#10.140)