Kapal Selam Nuklir AS Lakukan Kunjungan Kejutan di Pelabuhan Norwegia

Rabu, 06 April 2022 - 13:43 WIB
loading...
Kapal Selam Nuklir AS Lakukan Kunjungan Kejutan di Pelabuhan Norwegia
Kapal selam tenaga nuklir USS Albany menjadi salah satu andalan dalam armada Angkatan Laut Amerika Serikat. Foto/navy.mil
A A A
OSLO - Kapal selam bertenaga nuklir Amerika Serikat (AS), USS Albany, tiba di pelabuhan Tromso di Norwegia utara dalam kunjungan mendadak.

Tidak diketahui berapa lama kapal selam nuklir itu akan berada di sana. Kabar tersebut dilaporkan badan penyiar nasional NRK.

Kunjungan mengejutkan USS Albany sepanjang 110 meter itu menandai perubahan kebijakan angkatan bersenjata Norwegia.

Baca juga: Putin Beri Peringatan Keras pada Barat Soal Nasionalisasi Aset

Negara itu telah berhenti menginformasikan tentang kunjungan pelabuhan oleh kapal selam bertenaga nuklir di tengah resepsi kontroversial dan protes oleh penduduk setempat.

Baca juga: Kekuatan Senjata Nuklir China Diprediksi Segera Samai AS dan Rusia

Elisabeth Eikeland di markas operasional angkatan bersenjata Norwegia menggambarkan kunjungan itu sebagai "kegiatan operasional".

Baca juga: AS Peringatkan Terobosan Nuklir China Ubah Keseimbangan Keamanan Global

Menurutnya, panggilan pelabuhan itu tidak diumumkan seperti sebelumnya karena pembatasan informasi baru-baru ini. Demikian juga, dia menolak berkomentar tentang durasi kunjungan kapal selam nuklir itu.

Pelabuhan Tonsnes di Tromso telah menerima beberapa kapal selam nuklir selama setahun terakhir, hingga mempolarisasi sikap masyarakat Norwegia.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1846 seconds (10.177#12.26)