Lithuania Jadi Negara UE Pertama yang Usir Dubes Rusia

Selasa, 05 April 2022 - 08:20 WIB
loading...
Lithuania Jadi Negara UE Pertama yang Usir Dubes Rusia
Lithuania menjadi negara Uni Eropa pertama yang usir dubes Rusia terkait invasi Moskow ke Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
VILNIUS - Lithuania telah menjadi negara Uni Eropa (UE) pertama yang mengusir duta besar (dubes) Rusia atas invasi militer Moskow yang sedang berlangsung di Ukraina .

Menteri Luar Negeri Gabrielius Landsbergis mengatakan bahwa dubes Lithuania di Moskow juga akan dipanggil pulang dalam beberapa hari mendatang.

Selain itu, pemerintah Lithuania telah memutuskan untuk menutup Konsulat Rusia di kota Klaipeda.

Baik Lithuania dan Latvia telah mengumumkan sebelumnya pada hari Senin bahwa mereka berencana untuk menurunkan hubungan diplomatik dengan Moskow.



“Menanggapi tindakan agresif Rusia yang tak henti-hentinya di Ukraina, pemerintah Lituania telah membuat keputusan untuk menurunkan status perwakilan diplomatik,” kata Landsbergis, berbicara kepada wartawan.

“Duta Besar Rusia harus meninggalkan Lithuania,” ujarnya, seperti dikutip dari Russia Today, Selasa (5/4/2022).

Diplomat top negara Baltik itu juga mengungkapkan bahwa Lituania telah memberi tahu sekutu Uni Eropa dan NATO tentang langkah tersebut. "[Lithuania] meminta mereka untuk mengikuti teladan kami," ujarnya.

Selain itu, Landsbergis mengatakan bahwa dubes Lituania untuk Ukraina akan kembali ke Kiev, yang telah ditinggalkannya karena situasi keamanan yang memburuk di sekitar ibu kota.

Apalagi, menurut pejabat tersebut, pemerintah Lithuania sedang mempertimbangkan untuk menutup perbatasannya dengan Rusia dan Belarusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1034 seconds (0.1#10.140)