Zelensky: Pasukan Rusia Pembunuh, Penyiksa, Pemerkosa, dan Penjarah!

Selasa, 05 April 2022 - 02:45 WIB
loading...
Zelensky: Pasukan Rusia Pembunuh, Penyiksa, Pemerkosa, dan Penjarah!
Zelensky: Pasukan Rusia Pembunuh, Penyiksa, Pemerkosa, dan Penjarah!. FOTO/Reuters
A A A
BUCHA - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyebut pasukan Rusia sebagai "pembunuh, penyiksa, pemerkosa, penjarah" pada Senin (4/4/2022). Komentar itu dilayangkan Zelensky setelah puluhan mayat ditemukan di dekat Kiev, yang memicu kemarahan global dan sumpah sanksi baru yang keras terhadap Moskow.

Zelenskyy tidak tanggung-tanggung dalam pesan video malamnya. Ia memperingatkan tentang "kejahatan terkonsentrasi telah datang ke tanah kami". Dalam bahasa Ukraina, Zelensky menggambarkan pasukan Rusia sebagai "pembunuh, penyiksa, pemerkosa, penjarah, yang menyebut diri mereka tentara dan yang hanya pantas mati setelah apa yang mereka lakukan.

Baca: Tentara Rusia Dituduh Bantai 57 Warga Sipil di Bucha Ukraina, Mayat-mayat Berserakan

Beralih ke bahasa Rusia, dia melanjutkan: "Saya ingin setiap ibu dari setiap tentara Rusia melihat mayat orang-orang yang terbunuh di Bucha, di Irpin, di Hostomel."

"Saya ingin semua pemimpin Federasi Rusia melihat bagaimana perintah mereka dipenuhi," lanjut Zelensky, seperti dikutip dari AFP.

Zelenskyy juga mengatakan, dia telah membentuk badan khusus untuk menyelidiki pembunuhan di daerah-daerah di mana pasukan Rusia telah ditarik di sekitar ibu kota Kiev.



Pihak berwenang d Kiev mengatakan, mereka telah dipaksa untuk menggali kuburan komunal untuk mengubur orang mati yang menumpuk di jalan-jalan, termasuk beberapa ditemukan dengan tangan terikat di belakang punggung mereka.

Baca: Rusia Sangkal Lakukan Pembantaian Massal Mengerikan di Bucha Ukraina

Meskipun penolakan tanggung jawab Rusia, kecaman cepat, dengan para pemimpin Barat, NATO dan PBB semua menyuarakan kengerian pada laporan pembunuhan sipil di Bucha, barat laut Kiev, dan di tempat lain.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1721 seconds (11.210#12.26)