Eks Sekjen PBB: De Facto, Trump Beri Korut Status Negara Nuklir

Rabu, 17 Juni 2020 - 22:57 WIB
loading...
A A A
"Sejak terpilihnya Presiden Trump pada 2016, saya khawatir kebijakan 'America First' ini sebenarnya telah mengisolasi Amerika Serikat di panggung global," kata Ban.

“Kerja sama internasional adalah perekat yang mengikat semua orang. Nasionalisme dan proteksionisme bukanlah alternatif yang layak untuk kerjasama dan kemitraan,” cetusnya.

Ban juga berbicara tentang bagaimana pengalaman negaranya dengan epidemi SARS dan MERS membantu Korsel mempersiapkan pandemi virus Corona saat ini.

"Memakai topeng telah mendarah daging dalam kehidupan orang Korea, dan respons pemerintah yang sangat agresif terkait dengan tiga 'T -' pengujian, penelusuran dan perawatan '- telah sangat efektif dalam menjaga kasus, rawat inap dan kematian relatif rendah," terang Ban.

Kasus virus Corona pertama yang dikonfirmasi di Korsel diumumkan pada 20 Januari. Hingga saat ini, negara tersebut telah memiliki 11.902 kasus yang dikonfirmasi dan hanya 276 kematian. Sehari kemudian pada 21 Januari, kasus pertama dikonfirmasi di AS; hingga saat ini, negara ini telah memiliki lebih dari 1,9 juta kasus yang dikonfirmasi dan lebih dari 112.000 kematian.

Mengekspresikan penekanannya yang lebih luas pada kerja sama internasional, Ban mengakui bahwa meski tidak ada satu ukuran yang cocok untuk semua terkait respon masing-masing negarakrisis, Korsel bersedia untuk berbagi pengalamannya.

"Korea siap bekerja dengan PBB, Organisasi Kesehatan Dunia, dan saya percaya bahwa ada banyak pelajaran yang dapat dipelajari yang dapat direplikasi dari pelajaran rakyat Korea," tukasnya.
(ber)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1120 seconds (0.1#10.140)