Habiskan Rp14 Miliar dari Transferan Nyasar, Mahasiswi Ini Dipenjara 5 Tahun

Jum'at, 01 April 2022 - 07:53 WIB
loading...
Habiskan Rp14 Miliar dari Transferan Nyasar, Mahasiswi Ini Dipenjara 5 Tahun
Sibongile Mani, mahasiswi Afrika Selatan yang habiskan uang hampir Rp14,3 miliar dari transferan nyasar pihak bank. Tindakan ini membuatnya dihukum penjara lima tahun. Foto/IOL via Twitter
A A A
CAPE TOWN - Seorang mahasiswi akuntansi di Afrika Selatan dijatuhi hukuman penjara lima tahun. Musababnya, dia tidak melapor ketika mendapat uang transferan yang keliru dari bank dan justru menghabiskan hampir USD1 juta (Rp14,3 miliar) dari uang itu.

Insiden yang dialami Sibongile Mani (31) ini jadi sorotan pada 2017, sekitar dua bulan setelah secara keliru menerima hampir USD1 juta di rekening banknya.

Pihak berwenang telah diberi tahu setelah rekan-rekan Mani melaporkan perubahan gaya hidup mahasiswi tersebut yang tiba-tiba, seperti keinginannya untuk membeli wiski yang mahal.

Sibongile Mani juga menghabiskan hampir USD1 juta untuk membeli barang-barang mewah.

Hakim Twanette Olivier, dari Pengadilan Regional East London, menyatakan Mani bersalah atas pencurian setelah dia gagal melaporkanuang yang secara tidak sengaja dikreditkan ke akunnya oleh National Student Financial Aid Scheme (NSFAS) pada tahun 2017.

Baca juga: Seorang Istri Potong Habis Penis Suami karena Lecehkan Putri Tirinya

Mani seharusnya hanya menerima bantuan USD96 sebulan untuk makanan tetapi secara tidak sengaja diberikan hampir USD1 juta pada 1 Juni 2017, sebagai akibat dari kesalahan administrasi NSFAS.

Mani dijatuhi hukuman lima tahun penjara pada hari Rabu lalu setelah dia gagal melaporkan insiden salah transfer itu, diduga memilih untuk menghabiskan uang itu selama berbulan-bulan.

Barang-barang yang dilaporkan dibeli Mani termasuk bra, anggur, piring kue, empat pelurus rambut, pakaian memasak, kalkulator, peralatan makan, perlengkapan makan malam, tas tangan, rokok, cermin berbingkai, 11 microwave, 13 troli ransel, 13 kabel ekstensi, 12 cerek nirkabel, 11 selimut, sepatu, dan slow cooker.

Mani menghabiskan hampir USD1.000 per hari selama berbelanja selama sebulan di 48 toko di Eastern Cape, Western Cape, dan Gauteng sebelum NSFAS menyadari kesalahan transfer uang pada 13 Agustus dan melaporkannya-lebih dari dua bulan setelah uang itu pertama kali masuk ke rekening Mani pada tahun 2017.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2772 seconds (11.210#12.26)