Ketika Pemimpin Gereja Ortodoks Rusia Dukung Invasi Putin ke Ukraina sebagai Perang Suci

Rabu, 30 Maret 2022 - 03:52 WIB
loading...
A A A
Sementara itu, pendeta Ortodoks di seluruh dunia telah mengutuk invasi tersebut, termasuk Patriarch Daniel dari Rumania, Uskup Agung Leo dari Finlandia, Patriarch Theodore II dari Alexandria dan seluruh Afrika, serta para kepala Gereja Ortodoks Rusia di Paris dan Estonia.

Dalam sebuah surat terbuka pada tanggal 9 Maret, Metropolitan John dari Dubna, uskup agung gereja-gereja Ortodoks Rusia di Eropa Barat, mendesak Kirill untuk mengangkat suaranya “melawan perang yang mengerikan dan tidak masuk akal ini dan untuk menengahi otoritas Federasi Rusia agar para pembunuh dalam konflik ini berhenti secepat mungkin”.

Sebuah gereja Ortodoks Rusia di Amsterdam berpisah dari Patriarkat Moskow sebagai protes, bergabung dengan saingan mereka di Istanbul sebagai gantinya. Gereja Amsterdam menerima kunjungan serius dari seorang uskup agung senior Rusia dan kemudian diancam; simbol Z pro-perang dilukis di gerbang gereja Amsterdam.

Dalam sejarah Rusia baru-baru ini, peran gereja telah berubah.

Komunis yang berkuasa setelah Perang Saudara Rusia pada awal 1920-an mencoba membasmi agama dengan membakar gereja dan menembak pendeta, hanya untuk menghidupkannya kembali untuk menggalang umat selama Perang Dunia II.

Sejak berakhirnya pemerintahan ateis Soviet, agama telah muncul kembali dan lebih dari 70 persen orang Rusia sekarang mengidentifikasi diri sebagai Ortodoks, meskipun jauh lebih sedikit yang menjadi pengunjung gereja biasa.

Pengamat mengatakan Presiden Putin, seorang Kristen Ortodoks, memandang gereja sebagai simbol kebangsaan Rusia. Kremlin telah menganut “nilai-nilai tradisional” sebagai sebuah ideologi, mengeluarkan undang-undang yang menentang “propaganda” hubungan sesama jenis.

Cyril Hovorun, seorang Profesor Eklesiologi dan Hubungan Internasional di Akademi Teologi Sankt Ignatius di Swedia, menggambarkan hubungan gereja dengan negara sebagai "kompleks".

“Ini bukan hanya tentang penyerahan penuh gereja kepada otoritas politik,” katanya kepada Al Jazeera. “Gereja juga mencoba memengaruhi Kremlin. Dalam arti tertentu, Gereja Ortodoks Rusia berhasil, karena Kremlin pada titik tertentu mengadopsi bahasa politik gereja, yang kemudian dikenal sebagai ideologi 'dunia Rusia'. Ideologi ini berasal dari gereja dan kemudian dipersenjatai oleh Kremlin.”
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1371 seconds (0.1#10.140)