Pasukan AS-Filipina Gelar Latihan Perang Dekat Perbatasan Laut Taiwan

Selasa, 29 Maret 2022 - 00:05 WIB
loading...
Pasukan AS-Filipina Gelar Latihan Perang Dekat Perbatasan Laut Taiwan
Pasukan AS-Filipina Gelar Latihan Perang Dekat Perbatasan Laut Taiwan. FOTO/Reuters
A A A
MANILA - Ribuan pasukan Amerika Serikat (AS) dan Filipina memulai latihan perang gabungan pada Senin (28/3/2022). Ini merupakan salah satu latihan tempur terbesar mereka dalam beberapa tahun terakhir.

Seperti dilaporkan AP, latihan perang mencakup manuver tembakan langsung, serangan pesawat, perang kota dan pendaratan di pantai dalam pameran senjata AS di Filipina utara, dekat perbatasan laut dengan Taiwan.



Latihan tahunan, yang disebut Balikatan - dalam bahasa Tagalog artinya bahu-membahu - akan berlangsung hingga 8 April. “Dalam latihan ini, hampir 9.000 tentara dari Angkatan Laut, Marinir, Angkatan Udara dan pasukan tentara, termasuk 5.100 personel militer AS terlibat, untuk memperkuat sekutu perjanjian lama, kemampuan dan kesiapan untuk tantangan dunia nyata,” kata pernyataan pejabat militer AS dan Filipina.

“Militer AS dan Angkatan Bersenjata Filipina akan berlatih bersama untuk memperluas dan memajukan taktik, teknik, dan prosedur bersama yang memperkuat kemampuan respons dan kesiapan kami untuk tantangan dunia nyata,” kata Mayor Jenderal Jay Bargeron, komandan divisi Marinir ke-3 AS, seperti dikutip dari AP.

“Aliansi kami tetap menjadi sumber utama kekuatan dan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik,” lanjut Bargeron.

China kemungkinan akan tidak menyukai latihan perang mengingat kedekatannya yang relatif dengan Taiwan, yang diklaimnya sebagai wilayah China. Namun, penyelenggara mengatakan, latihan tersebut tidak membayangkan negara tertentu sebagai target.

Baca Juga: Filipina dan AS rancang latihan militer gabungan
Pertama kali dipentaskan pada tahun 1991, latihan Balikatan didasarkan pada Perjanjian Pertahanan Bersama tahun 1951, yang mengikat AS dan Filipina untuk saling membantu jika terjadi serangan. Sekutu bertujuan untuk menjadi kuat dan bersiap dengan mulus untuk segala kemungkinan keamanan sebagai pencegahan terhadap perang.

“Ini untuk pertahanan bersama, tidak pernah untuk pelanggaran,” kata juru bicara militer Filipina, Kolonel Ramon Zagala.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1160 seconds (0.1#10.140)