Pasukan AS-Filipina Gelar Latihan Perang Dekat Perbatasan Laut Taiwan

Selasa, 29 Maret 2022 - 00:05 WIB
loading...
A A A
“Aliansi perjanjian itu menyatakan secara formal rasa persatuan dan tekad kami untuk saling membela melawan serangan bersenjata eksternal, sehingga tidak ada agresor potensial yang mendapat kesan bahwa salah satu dari mereka berdiri sendiri,” lanjut Zagala.

Tetapi gubernur provinsi Cagayan utara, di mana pendaratan amfibi dengan manuver tembakan langsung yang terbatas dijadwalkan akan diadakan di kota pesisir Claveria minggu ini, telah menentang latihan gabungan apa pun yang menggunakan tembakan, karena khawatir hal itu dapat memancing reaksi China.

Baca Juga: Jika Diminta, Militer Filipina Akan Batalkan Latihan dengan AS
“Militer berkonsultasi dan bertanya kepada saya, tetapi saya katakan saya tidak dapat mengizinkan latihan tembakan langsung. Latihan apa pun boleh, tetapi tidak tembakan langsung,” kata Gubernur Cagayan, Manuel Mamba kepada The AP melalui telepon.

“Kita harus melibatkan China, tetapi tidak dalam perang, karena saya tahu Taiwan adalah tong mesiu,” lanjutnya. “China, bersama dengan AS dan Taiwan, telah menyatakan minatnya untuk berinvestasi di Cagayan, yang memiliki pertanian terbelakang dan industri terkait. Saya tidak pro-China, saya pro-Cagayan," tambah Mamba.
(esn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1240 seconds (0.1#10.140)