Zelensky: Rusia Menabur Kebencian Mendalam di Tengah Warga Ukraina

Minggu, 27 Maret 2022 - 17:09 WIB
loading...
Zelensky: Rusia Menabur Kebencian Mendalam di Tengah Warga Ukraina
Zelensky: Rusia Menabur Kebencian Mendalam di Tengah Warga Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
LVIV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dengan marah memperingatkan Moskow bahwa mereka menabur kebencian yang mendalam terhadap Rusia di antara rakyat Ukraina . Hingga kini, tembakan artileri dan pemboman udara terus-menerus menghancurkan kota-kota di Ukraina.

"Anda melakukan segalanya sehingga orang-orang kami sendiri meninggalkan bahasa Rusia, karena bahasa Rusia sekarang hanya akan dikaitkan dengan Anda, dengan ledakan dan pembunuhan Anda, kejahatan Anda," kata Zelensky dalam pidato video yang berapi-api pada Sabtu (26/3/2022) malam, seperti dikutip dari AP.



Gempuran Rusia selama satu bulan terakhir membuat sejumlah kota di Ukraina menjadi puing-puing, membunuh warga sipil dan mendorong orang lain ke tempat perlindungan. Invasi Rusia juga memaksa warga Ukraina mengais makanan dan air untuk bertahan hidup.

Invasi Rusia ke Ukraina telah menyebabkan perang gesekan di banyak tempat, dengan korban sipil meningkat, ketika Moskow berusaha untuk menggempur kota-kota agar tunduk dari posisi yang berurat berakar.

Sebuah fasilitas penelitian nuklir di kota Kharkiv yang terkepung, dekat perbatasan Rusia, kembali mendapat serangan pada hari Sabtu. Pengawas nuklir Ukraina mengatakan, karena permusuhan yang sedang berlangsung, tidak mungkin untuk menilai tingkat kerusakan.



Kharkiv telah dikepung oleh pasukan Rusia sejak awal invasi dan telah berulang kali diserang, yang menghantam bangunan tempat tinggal dan infrastruktur penting.

Pihak berwenang Ukraina sebelumnya telah melaporkan bahwa penembakan Rusia telah merusak bangunan di fasilitas tersebut, tetapi tidak ada pelepasan radiasi. Badan Energi Atom Internasional mengatakan, bahan nuklir di fasilitas selalu subkritis dan persediaan bahan radioaktif sangat rendah, mengurangi risiko pelepasan radiasi.

Di sisi barat negara itu, roket Rusia menghantam Lviv pada hari Sabtu. Pada Minggu (27/3/2022) pagi, bau bahan kimia masih tertinggal di udara, ketika petugas pemadam kebakaran di Lviv menyemprotkan air ke bagian fasilitas minyak yang terbakar yang terkena serangan Rusia.



Seorang penjaga keamanan di lokasi tersebut, Yaroslav Prokopiv, mengatakan, dia melihat tiga roket menyerang dan menghancurkan dua tangki minyak tetapi tidak ada yang terluka. "Serangan ketiga melemparkan saya ke tanah," katanya.

Serangan udara berturut-turut Rusia mengguncang kota yang telah menjadi surga bagi sekitar 200.000 orang yang harus meninggalkan kampung halaman mereka. Sebagian besar wilayah Lviv telah terhindar sejak invasi dimulai, meskipun rudal menghantam fasilitas perbaikan pesawat di dekat bandara utama seminggu yang lalu.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1040 seconds (0.1#10.140)