Kapal Induk AS Siaga di Mediterania, Tunggu Perintah Zona Larangan Terbang Ukraina

Selasa, 22 Maret 2022 - 20:37 WIB
loading...
Kapal Induk AS Siaga di Mediterania, Tunggu Perintah Zona Larangan Terbang Ukraina
Kapal induk USS Harry S Truman siaga di Mediterania. Foto/REUTERS
A A A
LAUT MEDITERANIA - Amerika Serikat mengoperasikan 11 kelompok kapal induk penyerang dan telah mengerahkan mereka berulang kali di seluruh dunia selama beberapa dekade.

Pengerahan itu juga sebagai unjuk kekuatan melawan negara-negara yang sebagian besar lebih kecil dan lebih lemah secara militer.

Pasukan AS di Mediterania beroperasi di bawah Armada Keenam yang bermarkas di Naples, Italia, dan memiliki kekuatan gabungan hingga 40 kapal perang dan 175 pesawat tempur.



Kelompok kapal induk USS Harry S Truman telah dikerahkan ke Mediterania. Sekretaris Angkatan Laut Carlos Del Toro mengatakan misinya termasuk "mencegah" Rusia.



Del Toro juga menyatakan misinya menerapkan zona larangan terbang potensial di atas Ukraina, jika Presiden AS Joe Biden memberikan perintah untuk melaksanakannya.



“Ada banyak kapal perang dan kapal selam Rusia di Mediterania saat ini dan itulah mengapa penting bagi NATO memiliki kehadiran yang setara, untuk menghalangi mereka. Satu-satunya hal yang dipahami Putin adalah kekuatan,” ujar Del Toro, berbicara kepada Politico.

“Peran USS Truman, dengan sekutu lainnya, adalah mencegah Rusia dari agresi lebih lanjut dan terus-menerus bersiaga atas perintah yang mungkin diberikan dari presiden kami atau dari para pemimpin lain di seluruh dunia untuk melindungi Ukraina dan rakyat Ukraina,” ungkap sang komandan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1178 seconds (0.1#10.140)