Jenderal AS Kembali Sebut Iran Ancaman Terbesar Bagi Timur Tengah

Rabu, 17 Juni 2020 - 04:38 WIB
loading...
Jenderal AS Kembali Sebut Iran Ancaman Terbesar Bagi Timur Tengah
Jenderal Angkatan Laut AS Kenneth Frank McKenzie. Foto/CBC
A A A
WASHINGTON - Iran adalah "ancaman terbesar" bagi stabilitas dan keamanan kawasan Timur Tengah karena pendanaan terorisme dan organisasi terorisnya. Hal itu dikatakan oleh kata seorang komandan Amerika Serikat (AS).

"Iran menopang rezim Assad yang membunuh (dan) menyediakan senjata canggih untuk Houthi di Yaman," kata Jenderal Angkatan Laut AS Kenneth Frank McKenzie dalam utas Twitter Komando Pusat AS seperti disitir dari Al Arabiya, Rabu (17/6/2020).

McKenzie juga menyebut "serangan langsung" Iran terhadap kapal tanker minyak internasional di Selat Hormuz, kilang di Arab Saudi dan pasukan AS di Irak.

"Rezim di Iran telah mengambil sebagian besar dari kekayaan dan kemakmuran negara dan berulang kali menginvestasikannya dalam instrumen ketidakstabilan dan proksi," tudingnya.

Ini merupakan pernyataan kedua McKenzie terkait ancaman Iran dalam sepekan terakhir. Sebelumnya, McKenzie juga mengatakan bahwa Iran tetap menjadi ancaman terbesar dan satu-satunya di kawasan Timur Tengah. Dia menempatkan bahaya dari Teheran berada di belakang al-Qaeda dan ISIS. (Baca: Jenderal AS: Iran Ancaman Tunggal dan Terbesar di Timur Tengah )
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1284 seconds (0.1#10.140)