Perkuat Tudingan Biolab AS Buat Senjata Biologis, Rusia Beberkan Bukti Baru

Jum'at, 18 Maret 2022 - 18:26 WIB
loading...
A A A
Kirillov menunjukkan dokumen resmi yang mengkonfirmasi transfer 5.000 sampel serum darah yang diambil dari warga Ukraina ke pusat Richard Lugar yang didukung Pentagon di Tbilisi, Georgia. 773 pengujian biologis lainnya ditransfer ke Inggris, sementara sebuah perjanjian ditandatangani untuk transfer "jumlah tak terbatas" bahan infeksius ke Institut Friedrich Loeffler, pusat penyakit hewan terkemuka di Jerman.



"Namun, analisis dari bukti yang diperoleh menunjukkan bahwa spesialis Ukraina tidak menyadari potensi risiko pemindahan bahan-bahan ini, dan mungkin tidak mengetahui tujuan sebenarnya dari penelitian yang sedang berlangsung," ucap Kirillov.

Dokumen dari Proyek P-781, sebuah studi tentang cara penularan penyakit ke manusia melalui kelelawar, menunjukkan bahwa hal itu dilakukan oleh laboratorium Kharkov dan Pusat Lugar di Georgia, tetapi Ukraina menerima sebagian besar hibah sebesar USD1,6 juta untuk proyek tersebut.

Kirillov mengatakan bahwa penelitian "sistematis" di bidang ini telah dilakukan sejak 2009, di bawah pengawasan spesialis AS - proyek referensi P-382, P-444 dan P-568.

Sebagai salah satu orang penting yang terlibat, Kirillov menunjuk kepala kantor DTRA di Kedutaan Besar AS di Kiev, Joanna Wintrol.

"Mungkin dia layak diajak bicara, wartawan?" dia berkata.

Wintrol meninggalkan Kiev pada Agustus 2020. Dalam wawancara perpisahannya, dia bersikeras tidak ada ilmuwan AS yang bekerja di biolab Ukraina dan menuduh Rusia menyebarkan “informasi palsu” tentang program tersebut.

Kirillov menunjuk wabah flu burung massal di Rusia dan Uni Eropa pada tahun 2021, menyebabkan kerugian miliaran, sementara Institut Kedokteran Hewan Kharkov sedang mempelajari burung liar sebagai vektor transmisi dan menilai kondisi di mana penyebaran dapat menyebabkan kerusakan ekonomi dan kerawanan pangan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1749 seconds (0.1#10.140)