Cerita Warga Mariupol yang Melarikan Diri: Kota Kami Seperti Neraka!

Jum'at, 18 Maret 2022 - 01:00 WIB
loading...
Cerita Warga Mariupol yang Melarikan Diri: Kota Kami Seperti Neraka!
Cerita Warga Mariupol yang Melarikan Diri: Kota Kami Seperti Neraka!. FOTO/Reuters
A A A
MARIUPOL - Keluarga Ukraina yang melarikan diri menggambarkan "neraka" yang mereka tinggalkan di kota Mariupol yang terkepung. Mereka mengaku melihat mayat di jalanan, terpaksa tidur di suhu di bawah nol derajat, dan bersembunyi di ruang bawah tanah.

Dihantam tanpa henti oleh pasukan Rusia, warga Mariupol mengatakan bahwa mereka terpaksa mencairkan salju untuk air minum dan memasak sisa makanan di atas api terbuka dengan makanan, air, dan pasokan listrik terputus.



"Mereka menembakkan begitu banyak roket," kata Tamara Kavunenko (58), kepada AFP, seperti dikutip dari Channel News Asia. Tamara adalah salah satu dari 4.300 warga Mariupol yang melarikan diri ke pusat kota Ukraina, Zaporizhzhia minggu ini.

"Di jalan-jalan ada banyak mayat warga sipil yang tewas," katanya. "Ketika salju datang, kami mengumpulkannya dan mencairkannya untuk air. Jika tidak, kami merebus air dari sungai untuk diminum. Ini bukan Mariupol lagi. Ini neraka," ungkapnya.

Ukraina mengatakan lebih dari 2.000 orang telah tewas sejauh ini di kota, target strategis utama untuk pasukan Moskow. Mariupol berpotensi menghubungkan pasukan Rusia di Krimea ke barat dan Donbass ke timur, sementara memotong akses Ukraina ke Laut Azov.

Pada hari Kamis, Ukraina menuduh Rusia mengebom sebuah teater di kota pelabuhan tempat ratusan orang berlindung, meskipun ada tanda bertuliskan "DETI" - atau anak-anak dalam bahasa Rusia - terukir di tanah di kedua sisi gedung.



“Sekitar 6.500 mobil tersisa selama dua hari terakhir, kata walikota Mariupol Vadim Boychenko di Telegram pada Rabu malam hingga Kamis. Banyak dari mereka melarikan diri secara kebetulan di tengah pemadaman komunikasi.

Di gedung sirkus era Soviet di Zaporizhzhia, relawan Palang Merah menunggu pengungsi. Tumpukan sepatu dan selimut anak ditumpuk di lantai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1871 seconds (0.1#10.140)