Invasi ke Ukraina Bakal Jadi Perang Nuklir? Ini Jawaban Menlu Rusia

Sabtu, 12 Maret 2022 - 01:52 WIB
loading...
A A A
Putin mengatakan "operasi militer khusus" di Ukraina sangat penting untuk memastikan keamanan Rusia setelah Amerika Serikat memperluas keanggotaan NATO hingga ke perbatasan Rusia dan mendukung para pemimpin pro-Barat di Kiev.

Ukraina mengatakan sedang berjuang untuk eksistensinya. Amerika Serikat dan sekutu Eropa serta Asia-nya mengutuk invasi Rusia. Sedangkan China menyerukan untuk tenang.

Setelah Barat menjatuhkan sanksi yang melumpuhkan terhadap Rusia, Lavrov mengatakan Rusia berpaling dari Barat dan akan mengatasi konsekuensi ekonomi.

“Kami akan keluar dari krisis ini dengan psikologi dan hati nurani yang direvitalisasi: Kami tidak akan memiliki ilusi bahwa Barat dapat menjadi mitra yang dapat diandalkan,” kata Lavrov, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (11/3/2022).

“Kami akan melakukan segalanya untuk memastikan bahwa kami tidak akan pernah lagi bergantung pada Barat di bidang kehidupan kami yang memiliki arti penting bagi rakyat kami.”

Ketika Uni Soviet runtuh pada tahun 1991, banyak orang di Rusia dan Barat berharap perpecahan Perang Dingin berakhir.

Ditanya tentang sanksi energi yang diberlakukan oleh Amerika Serikat, Lavrov mengatakan Rusia tidak akan mencoba meyakinkan pembeli mana pun untuk membeli energinya.

Dalam referensi yang jelas ke China, ekonomi terbesar kedua di dunia, Lavrov mengatakan Rusia memiliki pasar untuk minyak dan gasnya.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1207 seconds (0.1#10.140)