Rusia, Raksasa Militer Dunia Tanpa Kapal Induk

Kamis, 10 Maret 2022 - 18:59 WIB
loading...
Rusia, Raksasa Militer Dunia Tanpa Kapal Induk
Rusia, yang sedang menginvasi Ukraina saat ini, menjadi salah satu raksasa militer dunia yang tanpa kapal induk karena satu-satunya kapal induk miliknya sedang diperbaiki dan di-upgrade akibat kebakaran hebat. Foto/TASS/L. Vedoseyev
A A A
MOSKOW - Rusia , yang saat ini menginvasi Ukraina , tercatat sebagai salah satu raksasa militer dunia. Uniknya, militer Moskow tanpa dilengkapi satu kapal induk pun setidaknya sampai saat ini.

Satu-satunya kapal induk Rusia, Admiral Kuznetsov, sedang menyelesaikan perombakan dan upgrade pada tahun 2023 dan akan bergabung kembali dengan Angkatan Laut pada akhir tahun.

Kapal Admiral Kuznetsov mengalami kebakaran listrik yang mematikan, pendaratan pesawat yang buruk,dry dock yang tenggelam, dan beberapa kerusakan.

Mengutip ulasan Defense View, Kamis (10/3/2022), meski militernya tanpa kapal induk saat ini, bukan berarti Rusia tidak bisa membangunnya.

Itu tergantung pada apakah mereka ingin membangunnya, bukan apakah mereka tidak dapat membangunnya. Rusia memiliki banyak kapal induk dan kapal penjelajah pengangkut pesawat sebelumnya.



Banyak kapal perang Rusia sebelumnya diproduksi di Galangan Kapal Nikolayev di Ukraina, tapi bukan berarti Moskow tidak memiliki kemampuan untuk membangun kapal induk.

Kapal induk Vikramaditya bukanlah kapal induk Admiral Gorshkov Rusia. Setelah dijual ke India, itu juga di-upgrade di galangan kapal Severodvinsk di Rusia.

Ada tidaknya kapal induk tidak tergantung pada kapasitas produksi, tetapi pada permintaan, dan permintaan ini terutama berasal dari arah strategis nasional.

Angkatan Laut dunia dibagi menjadi negara-negara dengan kapal induk dan negara-negara tanpa kapal induk.

Kedua kelompok negara ini berbeda, dan perbedaannya terletak pada arah strategisnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2177 seconds (0.1#10.140)