Erdogan Bertemu Presiden Israel, Titik Balik Sejarah 2 Negara

Kamis, 10 Maret 2022 - 12:20 WIB
loading...
Erdogan Bertemu Presiden Israel, Titik Balik Sejarah 2 Negara
Presiden Turki Tayyip Erdogan bertemu Presiden Israel Isaac Herzog di Ankara, Turki. Foto/REUTERS
A A A
ANKARA - Israel dan Turki telah mengumumkan era baru dalam hubungan setelah lebih dari satu dekade putusnya hubungan diplomatik. Titik balik sejarah itu terjadi saat Presiden Israel Isaac Herzog melakukan kunjungan penting ke ibu kota Turki, Ankara.

Perjalanan Herzog ke Turki, yang mencakup pembicaraan dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan pada Rabu (9/3/2022), adalah yang pertama oleh seorang presiden Israel sejak 2007, ketika mendiang Shimon Peres berpidato di parlemen Turki.

Tampil di depan kamera setelah pembicaraan, Erdogan menggambarkan kunjungan presiden Israel sebagai "bersejarah" dan "titik balik" dalam hubungan Turki-Israel.



Dia mengatakan Turki siap bekerja sama dengan Israel di sektor energi. Erdogan menambahkan bahwa menteri luar negeri dan energi Turki akan segera mengunjungi Israel untuk pembicaraan lebih lanjut tentang peningkatan kerja sama.



“Tujuan bersama kami adalah untuk merevitalisasi dialog politik antara negara kami berdasarkan kepentingan bersama dan menghormati kepekaan bersama,” ujar Erdogan, dilansir Aljazeera.

“Kunjungan ini adalah momen yang sangat penting bagi hubungan antara negara kita, dan suatu kehormatan besar bagi kita berdua untuk meletakkan dasar-dasar pengembangan hubungan persahabatan antara negara dan bangsa kita, dan untuk membangun jembatan yang penting bagi kita semua,” ungkap Herzog dalam sebuah pernyataan dalam bahasa Ibrani.

Namun, kedua pemimpin mengakui bahwa perbedaan tetap ada, paling tidak pada masalah Palestina.

“Kami menyatakan pentingnya kami melampirkan untuk mengurangi ketegangan di kawasan itu dan melestarikan visi solusi dua negara,” papar Erdogan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1741 seconds (0.1#10.140)