China kirim jet tempur untuk halau pesawat Jepang

Sabtu, 12 Januari 2013 - 00:34 WIB
China kirim jet tempur untuk halau pesawat Jepang
China kirim jet tempur untuk halau pesawat Jepang
A A A
Sindonews.com – Departemen Pertahanan Nasional China mengecam pesawat militer Jepang yang mengganggu patroli rutin pesawat administrasi China.

Pada konferensi pers, seorang pejabat Kementerian Pertahanan China menegaskan, bahwa pihaknya mengirim dua jet temput Fighter J-10 ke Timur Laut Cina, setelah pesawat pengintai Y-8 China diikuti oleh dua jet tempur F-15 Jepang, Kamis (9/1/2013).

“Kedua jet tempur Fighter J-10 dikirim untuk memantau pesawat pengintai Y-8. Jet tempur Jepang dan pesawat pengintai Jepang terlihat di wilayah udara yang sama,” kata pejabat itu, seperti dikutip dari Xinhua, Jumat (11/1/2013).

Menurutnya, pesawat militer Jepang telah semakin aktif dalam mengawasi pesawat China. Zona aktivitas pesawat militer Jepang juga telah diperluas baru-baru ini, yang merupakan akar penyebab perselisihan mengenai keamanan perairan teritorial dan wilayah udara antara kedua negara.

“Militer China akan berada dalam status siaga tinggi dan China dengan tegas akan melindungi keamanan kekuatan pertahanan udara dan menegakkan hak-hak yang sah,” lanjut pejabat itu.

Pejabat itu juga menyerukan pihak Jepang untuk menghormati hukum internasional yang relevan dan untuk mencegah sengketa keamanan dengan mengambil langkah-langkah efektif.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5312 seconds (0.1#10.140)