PBB Ungkap Jumlah Pengungsi Ukraina yang Fenomenal dan Terus Bertambah

Minggu, 06 Maret 2022 - 06:01 WIB
loading...
PBB Ungkap Jumlah Pengungsi Ukraina yang Fenomenal dan Terus Bertambah
Pengungsi terus meninggalkan Ukraina di tengah operasi militer Rusia. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Lebih dari 1,2 juta orang telah meninggalkan Ukraina setelah Rusia menyerang negara itu pada 24 Februari 2022, menurut Badan Pengungsi PBB (UNHCR).

Lebih dari setengah dari mereka (53,7%) melarikan diri ke Polandia, sementara yang lain mencari perlindungan di Hongaria, Moldova, Slovakia, dan Rumania, serta tempat-tempat lain.

“Tingkat eksodus ini cukup fenomenal,” papar juru bicara UNHCR Joung-ah Ghedini-Williams pada Jumat (4/3/2022). Dia menambahkan bahwa, "Ada banyak lagi yang bergerak."



“Juga ada kemungkinan jumlah yang sama di dalam negeri yang menjadi pengungsi internal,” ungkap Ghendini-Williams.



Rusia bersikeras bahwa mereka terpaksa menyerang tetangganya untuk mempertahankan Republik Rakyat Donetsk dan Lugansk (DPR dan LPR), yang memisahkan diri dari Ukraina tak lama setelah kudeta 2014 di Kiev.



Moskow juga mengatakan sedang melakukan "demiliterisasi dan denazifikasi" negara itu. Sementara itu, Ukraina mengatakan serangan itu sepenuhnya tidak beralasan dan meminta bantuan masyarakat internasional.

Ukraina menuduh Rusia menembaki daerah permukiman di Kiev dan tempat-tempat seperti Kharkov, kota terbesar kedua di negara itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1735 seconds (0.1#10.140)