Singa dan Harimau Ikut Mengungsi Keluar dari Ukraina

Jum'at, 04 Maret 2022 - 03:00 WIB
loading...
Singa dan Harimau Ikut Mengungsi Keluar dari Ukraina
Singa dan Harimau Ikut Mengungsi Keluar dari Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - Invasi pasukan Rusia ke Ukraina yang telah menyebabkan perang selama dua pekan terakhir tak hanya menyengsarakan warga sipil Ukraina, tapi juga ternyata berdampak pada sejumlah hewan buas di negara tersebut.

Akibat perang yang berkecamuk di Ukraina, beberapa hewan buas terpaksa dievakuasi ke negara tetangga. “Enam singa dan enam harimau dari penampungan hewan di dekat Kiev tiba di Polandia pada Kamis (3/3/2022) pagi,” kata Malgorzata Chodyla, juru bicara Kebun Binatang Poznan pada AFP, seperti dikutip dari Channel News Asia.



“Truk Ukraina, yang menempuh hampir 1.000 km dari Kiev untuk melewati wilayah tengah Zhytomir yang telah ditembaki oleh pasukan Rusia, juga membawa dua caracal dan seekor anjing liar Afrika,” lanjut Chodyla yang mengorganisir evakuasi tersebut.

Menurutnya, truk yang berangkat pada Selasa (1/3/2022) itu harus berhenti dan tetap diparkir sepanjang malam ketika berhadapan dengan tank-tank Rusia. Di perbatasan, hewan-hewan itu lalu dipindahkan ke truk Polandia.

“Hewan-hewan yang tidak berdokumen dibawa melintasi perbatasan secara legal berkat perubahan baru-baru ini dalam prosedur internasional CITES (Konvensi Perdagangan Internasional Spesies Fauna dan Flora Liar yang Terancam Punah) dan dengan bantuan kepala petugas dokter hewan Polandia,” jelas Chodyla.



Direktur Kebun Binatang Poznan, Ewa Zgrabczynska, yang menangani evakuasi, telah menghubungi beberapa organisasi Barat yang ingin menerima hewan-hewan tersebut. Dia juga telah meluncurkan kampanye penggalangan dana.

Meskipun perang, pemilik tempat penampungan Ukraina, Natalia Popova kembali merawat 70 hewan lainnya, menurut Chodyla.

Dua tahun lalu, Zgrabczynska mengorganisir penyelamatan sembilan harimau yang hampir mati setelah mereka terdampar di sebuah truk Italia di perbatasan Polandia-Belarusia dalam perjalanan mereka ke kebun binatang di Rusia.

(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1852 seconds (0.1#10.140)