Trump Klaim China Siap Rebut Taiwan Pasca Olimpiade

Kamis, 03 Maret 2022 - 17:04 WIB
loading...
A A A
Pernyataan mantan presiden AS itu muncul bersamaan dengan upaya AS yang berkelanjutan untuk mendukung Taipei, dengan Perdana Menteri Taiwan Su Tseng-chang pada hari Selasa menyatakan bahwa pentingnya hubungan Taiwan-AS dicontohkan dengan kunjungan hari yang sama dari anggota delegasi AS, serta Mike Mullen, mantan ketua Kepala Staf Gabungan AS.



Menanggapi pengiriman pejabat AS ke Taiwan, Kementerian Luar Negeri China sejak itu menyatakan bahwa Beijing tetap bertekad dan memutuskan untuk mempertahankan kedaulatan nasional serta integritas teritorialnya.

Mullen diperkirakan akan mengadakan serangkaian pertemuan minggu ini dengan Presiden Tsai Ing-wen dan sejumlah pejabat tinggi Taiwan.

Mantan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo juga tiba di Taiwan minggu ini menjelang diskusi yang direncanakan dengan Presiden Tsai Ing-wen. Pompeo termasuk di antara 28 pejabat era Trump yang dikenai sanksi setelah Presiden AS Joe Biden menjabat pada Januari 2021.



“Luar biasa berada di sini. Saya sudah sangat lama menantikan untuk datang berkunjung dengan orang-orang Taiwan,” kata Pompeo kepada anggota pers di bandara di Taiwan, seperti dilansir Reuters.

“Saya sangat menantikan perjalanan saya untuk bertemu dengan pebisnis, orang-orang dari pemerintah, orang-orang di seluruh negara besar Anda,” katanya, menandakan kemungkinan penyimpangan dari kebijakan 'Satu China'.

Kunjungan itu dilakukan hanya beberapa hari setelah kapal perusak berpeluru kendali AS, USS Ralph Johnson, melakukan transit kebebasan navigasi rutin yang dilaporkan melalui Selat Taiwan. China menyorot manuver kapal perusak itu AS sebagai tindakan “provokatif,” sementara Armada ke-7 AS menekankan transit melalui Selat Taiwan menunjukkan komitmen Amerika terhadap Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2015 seconds (0.1#10.140)