Kapal Perang AS Lewat Selat Taiwan, China: Amerika Kobarkan Konflik di 2 Sisi Dunia

Minggu, 27 Februari 2022 - 11:24 WIB
loading...
Kapal Perang AS Lewat Selat Taiwan, China: Amerika Kobarkan Konflik di 2 Sisi Dunia
Kapal perang AS lewat Selat Taiwan memicu komentar dari media China. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
BEIJING - Kapal perusak berpeluru kendali dari Armada Ketujuh Angkatan Laut Amerika Serikat (AS), USS Ralph Johnson, berlayar melalui Selat Taiwan pada hari Sabtu. Pentagon mengatakan itu adalah latihan "rutin", tetapi di tengah meningkatnya ketegangan di Eropa atas Ukraina, media pemerintah China menuduh AS mengobarkan konflik "di dua sisi dunia."

Kapal perang USS Ralph Johnson transit di selat itu melalui perairan yang dikendalikan oleh China daratan atau Taiwan , sebuah pernyataan dari Armada Ketujuh berbunyi.

“Militer Amerika Serikat terbang, berlayar, dan beroperasi di mana pun yang diizinkan oleh hukum internasional,” lanjut pernyataan itu seperti dikutip dari Russia Today, Minggu (27/2/2022).



Pernyataan itu menambahkan bahwa pelayaran pada hari Sabtu menunjukkan komitmen Amerika Serikat terhadap wilayah Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Selat Taiwan memiliki lebar 180 kilometer dan memisahkan China daratan dari Taiwan, yang dianggap wilayah China oleh Beijing. Perairan itu terletak di ujung utara Laut China Selatan, di mana kapal perang AS secara teratur melakukan pelayaran serupa untuk menantang klaim teritorial Beijing.

Beijing tidak segera merespon pelayaran itu, tetapi media China Global Times yang dikelola pemerintah - yang secara luas dianggap sangat mencerminkan pemikiran Beijing - memberikan tanggapan.

“Sementara pergolakan Ukraina-Rusia yang sedang berlangsung semakin intensif, militer AS berusaha menunjukkan kemampuannya untuk menimbulkan masalah di 'dua sisi dunia', yang berarti di Eropa dan Asia, dan dengan melakukan itu ia mengirim sinyal yang salah ke Pasukan 'kemerdekaan Taiwan',” tulis Global Times, mengutip analis China.



The Global Times juga menuduh “politisi radikal AS” mengeksploitasi masalah Ukraina untuk menimbulkan masalah terkait Taiwan dan memperkuat kekuatan yang mendukung pemisahan diri di pulau itu.

Politisi hawk China di AS telah mengklaim bahwa Beijing akan segera bergerak untuk merebut kembali Taiwan, dengan alasan bahwa Beijing dapat menyerang sementara perhatian Washington tertuju pada Ukraina.

Kementerian Pertahanan Taiwan pada hari Kamis memperingatkan sembilan pesawat China yang memasuki zona pertahanan udaranya dan dilacak. Itu adalah serangan yang kecil ukurannya dibandingkan serangan mendadak serupa oleh China dalam beberapa bulan terakhir.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1069 seconds (0.1#10.140)