Berikut Alasan Pangeran Arab Saudi Alwaleed bin Talal Dijuluki Warren Buffet Arab Saudi

Rabu, 02 Maret 2022 - 17:53 WIB
loading...
Berikut Alasan Pangeran Arab Saudi Alwaleed bin Talal Dijuluki Warren Buffet Arab Saudi
Pangeran Arab Saudi Alwaleed bin Talal bersama dengan Warren Buffett. Foto/Arab News
A A A
JAKARTA - Apakah anda mengetahui alasan pangeran Alwaleed bin Talal dijuluki Warren Buffet Arab Saudi ? Dilansir dari Investopedia, berikut ini penjelasannya.

Meskipun dilahirkan dalam keluarga kerajaan, Pangeran Arab Saudi Alwaleed bin Talal membangun sebagian besar kekayaannya sendiri. Setelah lulus dari perguruan tinggi, ia memulai bisnis dengan pinjaman yang relatif kecil dari ayahnya. Dia akhirnya menjadi konglomerat miliaran dolar melalui serangkaian investasi yang sukses dalam kesepakatan real estat dan perusahaan baik di Arab Saudi maupun di luar negeri.

Disebut-sebut sebagai orang terkaya di Arab Saudi, Pangeran Alwaleed bin Talal sering disebut sebagai 'Warren Buffett dari Arab Saudi.' Seperti Buffet, Alwaleed membuat kekayaannya melalui strategi investasi yang cerdik. Pada Agustus 2018, dia mengumumkan investasi USD250 juta di Snap Inc. (SNAP) yang akan memberinya 2,3% saham di perusahaan.



Lalu, bagaimana Pangeran Alwaleed bin Talal menggunakan jumlah uang yang relatif kecil untuk membangun salah satu portofolio investasi paling berharga di dunia?

Pangeran Alwaleed bin Talal adalah seorang bangsawan Saudi dan orang terkaya di seluruh Arab Saudi. Kekayaan bin Talal telah dikumpulkan melalui peluang investasi, bukan melalui keuntungan minyak. Akibatnya, ia dijuluki 'Warren Buffett' dari Arab Saudi.

Setelah lulus dari perguruan tinggi, Alwaleed bin Talal meminjam $330.000 dari ayahnya untuk memulai sebuah perusahaan investasi dan bisnis lainnya. Dia kehilangan semua uang itu dalam waktu empat tahun. Namun, lebih dari 35 tahun sejak meluncurkan karirnya dalam bisnis, Alwaleed adalah salah satu investor terkaya dan tersukses di dunia.



Perusahaan yang ia dirikan pada tahun 1980, Kingdom Holding Company, memiliki kapitalisasi pasar hampir $6,4 miliar, pada Mei 2020. Saham mayoritas Alwaleed di perusahaan mematok kekayaan bersih pribadinya lebih dari $18,7 miliar pada akhir 2017.

Sebagai investor yang taat, Alwaleed menggunakan Kingdom Holdings sebagai sarana untuk memegang portofolio bisnis yang beragam secara internasional yang beroperasi di banyak sektor termasuk perbankan, real estat, dan perawatan kesehatan. Investasinya yang paling menonjol termasuk saham yang cukup besar di Four Seasons Hotel Ltd., Citigroup Inc. dan Euro Disney S.C.A.

Selain mengendalikan portofolio investasi besar, Alwaleed memiliki istana seluas 460.000 kaki persegi yang membutuhkan 100 staf untuk dirawat serta Boeing (BA) 747,3 Pada tahun 2015, Alwaleed menjadi berita utama di media keuangan di seluruh dunia setelah berjanji untuk memberikan sebagian besar kekayaannya untuk mendanai kegiatan amal penting di seluruh dunia.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1288 seconds (0.1#10.140)