Cara-cara Ampuh China-Rusia Lawan Dampak Buruk Sanksi Barat, Sudah Terbukti!

Selasa, 01 Maret 2022 - 13:33 WIB
loading...
A A A
Dia memaparkan, "Di Ukraina, kita mengetahui kudeta negara selama 2014 dan upaya pertama Revolusi Oranye pada 2005 untuk mengacaukan dan mencaplok tanah dan wilayah Ukraina di dalam dan di bawah kendali sistem AS-NATO."

Tindakan tegas Washington justru memfasilitasi pemulihan hubungan antara Moskow dan Beijing.

“Beijing memahami bahwa upaya AS memisahkan Rusia dari Eropa adalah prasyarat untuk bekerja lebih baik di Asia-Pasifik melawan China, memprovokasi Taiwan, memprovokasi Hong Kong, memprovokasi masalah Laut China Selatan dan sebagainya," ungkap sang profesor itu.

“China tahu bahwa mendukung Rusia adalah kebutuhan eksistensial untuk dirinya sendiri juga, tidak hanya untuk persahabatan dengan Rusia, tetapi di atas semua itu untuk ancaman eksistensialnya sendiri: bahwa mereka hidup setara dalam menghadapi pasukan NATO, yang secara eksklusif didorong oleh Amerika Serikat dan proyek dominasi negaranya sendiri,” tutur Parenti.

Oleh karena itu, posisi Beijing itu diartikulasikan dengan baik terhadap paket sanksi terbaru yang dijatuhkan oleh UE, Inggris, AS, dan Kanada terhadap Rusia.

Pekan lalu, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying, mengatakan kepada wartawan di Beijing bahwa "sejak 2011, AS telah memberlakukan lebih dari 100 sanksi terhadap Rusia," tetapi pembatasan ini tidak melakukan apa pun untuk menghilangkan ketegangan di Eropa.

Hua mencela Washington sebagai "pelaku" dalam krisis Ukraina, yang "meningkatkan ketegangan, menciptakan kepanikan dan bahkan meningkatkan kemampuan berperang."

Blok Kontra-Hegemonik

"Kita harus melihat penerapan nyata dan aktual dari sanksi yang diumumkan ini, seperti menahan Rusia di luar sistem SWIFT," ungkap Parenti.

Dia menambahkan bahwa China dan Rusia telah menciptakan sistem pembayaran lintas batas mereka sendiri menggunakan mata uang alternatif sejak 2014 dan 2015 .
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1885 seconds (0.1#10.140)