Cara-cara Ampuh China-Rusia Lawan Dampak Buruk Sanksi Barat, Sudah Terbukti!

Selasa, 01 Maret 2022 - 13:33 WIB
loading...
A A A


Dia memberikan penekanan khusus pada kesepakatan energi Rusia-China, menekankan bahwa minyak dan gas Rusia sangat penting untuk permintaan China yang terus meningkat.

China diproyeksikan untuk mengkonsumsi hingga 526 miliar meter kubik (bcm) pada 2030 dan sekitar 620 bcm pada 2040.

Sementara itu, komoditas dan bahan baku Rusia kemungkinan akan dialihkan ke China jika permintaan dari seluruh dunia turun secara signifikan dengan latar belakang ketegangan geopolitik, menurut pakar ekonomi yang dikutip oleh CNN.

Financial Times mencatat Beijing memiliki catatan memberikan dukungan ekonomi ke Moskow selama kebuntuan Rusia dengan Barat yang telah meningkatkan sanksi terhadap Moskow sejak reunifikasi Krimea dengan negara itu pada 2014.

“Ini adalah isu kunci tentang proses pergeseran global, konfigurasi ulang tatanan global yang telah berlangsung selama beberapa dekade terakhir,” ungkap Parenti.

Dia menambahkan, “Pada 1990-an, sebenarnya, sistem AS-NATO memberlakukan dan mengkonsolidasikan tatanan dunia sepihak, tatanan dunia unipolar dalam konfigurasi kekuatannya. Tetapi menjelang akhir tahun sembilan puluhan, kami melihat pertumbuhan dan perkembangan baru, sebagian oleh China, dan setelah itu pemulihan hubungan kerja sama dan hubungan China-Rusia, dunia dan sistem dunia mulai berubah dengan cepat."

Ekonomi Global Berubah Mendukung Negara Berkembang

Ekonomi global telah berubah secara radikal dan dalam hal material yang mendukung negara-negara berkembang, sementara AS dan sekutunya berusaha menahan kenaikan ini dengan memotong hubungan ekonomi, terutama antara Uni Eropa (UE) dan mitra Eurasia lainnya, menurut laporan tersebut.

"Gerakan sepihak ekspansi AS telah menciptakan proses destabilisasi yang konstan sejak perang di bekas Yugoslavia, terutama dari perang melawan Serbia hingga perang Suriah, sistem AS telah menciptakan busur destabilisasi, mendukung jihadis dan mendukung kegiatan teroris secara teratur untuk menciptakan masalah di Asia Tengah, untuk menciptakan masalah di China, untuk menciptakan masalah di Eropa Timur," tutur Parenti.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1907 seconds (0.1#10.140)