Universitas Kabul Kembali Buka, Mahasiswi Wajib Kenakan Cadar

Minggu, 27 Februari 2022 - 19:30 WIB
loading...
Universitas Kabul Kembali Buka, Mahasiswi Wajib Kenakan Cadar
Universitas Kabul Kembali Buka, Mahasiswi Wajib Kenakan Cadar. FOTO/AP
A A A
KABUL - Universitas Kabul , satu di antara institusi pendidikan tinggi dan tertua, serta paling dihormati di Afghanistan , dibuka kembali pada Sabtu (26/2/2022). Kampus kembali buka setelah sempat 6 bulan tutup pasca Taliban merebut kembali kekuasaan di Afghanistan.

Namun, ada pembatasan baru bagi para mahsiswa, termasuk pemisahan gender dan pakaian wajib Islam.
Puluhan mahasiswi yang semuanya berhijab, cadar yang dikenakan para wanita muslimah, berjejer di luar gerbang universitas. Mereka nampak antusias melanjutkan kelas yang tiba-tiba dipangkas setelah pengambilalihan oleh Taliban pada bulan Agustus.



Personel Taliban nampak berjaga di tiga pintu masuk kampus. Sebagian besar siswa mengaku tidak tahu apa yang diharapkan, tetapi terkejut mengetahui bahwa mereka dapat melanjutkan kursus reguler dan maju dalam bidang studi pilihan mereka. Universitas sebagian besar mengikuti model seni liberal Amerika Serikat.

Departemen musik adalah satu-satunya disiplin yang dibatalkan untuk pria dan wanita, kata seorang mahasiswa kepada The Associated Press (AP). Taliban tidak menanggapi permintaan AP untuk memberikan komentar.

“Tidak ada perubahan yang dilakukan pada silabus,” kata Bahija Aman (21), mahasiswa jurusan antropologi tahun ketiga. "Instrukturnya sama di kelasku. Saya senang mereka akhirnya mengizinkan kami kembali ke universitas,” tambahnya.



Setelah dihadiri oleh 22.000 siswa, pembukaan yang sangat dinanti-nantikan itu berlangsung dengan tenang. Tidak ada pengumuman publik dari pemerintah Taliban dan permintaan media untuk memasuki tempat itu ditolak.

Pembatasan baru dijabarkan oleh instruktur untuk kelompok siswa perempuan Sabtu pagi. Mereka harus mengenakan penutup kepala Islami dan tidak boleh membawa smartphone ke lingkungan universitas. Siswa laki-laki menghadiri kursus di sore hari.

Tapi sedikit yang lain tampaknya telah berubah. Universitas Kabul memposting daftar lowongan awal bulan ini di halaman Facebook-nya, termasuk posisi di departemen seni, kebijakan publik, sastra, media dan komunikasi, dan ilmu politik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1199 seconds (0.1#10.140)