Gelombang Serangan Rusia Sasar Depot Bahan Bakar dan Lapangan Udara

Minggu, 27 Februari 2022 - 14:12 WIB
loading...
A A A
“Kami akan berjuang selama diperlukan untuk membebaskan negara kami,” Presiden Zelensky bersumpah seperti dikutip dari AP.

Pria, wanita, dan anak-anak yang ketakutan mencari keselamatan di dalam dan di bawah tanah, dan pemerintah memberlakukan jam malam 39 jam untuk mencegah orang keluar ke jalanan. Lebih dari 150.000 warga Ukraina melarikan diri ke Polandia, Moldova dan negara-negara tetangga lainnya. PBB memperingatkan jumlah itu bisa bertambah menjadi 4 juta jika pertempuran meningkat.

Presiden Rusia Vladimir Putin belum mengungkapkan rencana utamanya, tetapi para pejabat Barat yakin dia bertekad untuk menggulingkan pemerintah Ukraina dan menggantinya dengan rezimnya sendiri, menggambar ulang peta Eropa dan menghidupkan kembali pengaruh Moskow seperti era Perang Dingin.

Jam malam memaksa semua orang di Kiev untuk bertahan di dalam rumah hingga Senin pagi. Keheningan ibu kota yang relatif tenang secara sporadis dirusak oleh tembakan.



Pertempuran di pinggiran kota menunjukkan bahwa unit-unit kecil Rusia berusaha membuka jalan bagi pasukan utama. Kelompok-kelompok kecil tentara Rusia dilaporkan berada di dalam Kiev, tetapi Inggris dan Amerika Serikat (AS) mengatakan sebagian besar pasukan berada 30 kilometer dari pusat kota pada Sabtu sore.

Rusia mengklaim serangannya ke Ukraina dari utara, timur dan selatan hanya ditujukan pada sasaran militer, tetapi jembatan, sekolah, dan lingkungan perumahan telah terkena dampaknya.

Menteri Kesehatan Ukraina pada Sabtu kemarin melaporkan 198 orang, termasuk tiga anak-anak, tewas dan lebih dari 1.000 lainnya terluka selama perang darat terbesar di Eropa sejak Perang Dunia II. Tidak jelas apakah angka-angka itu termasuk korban militer dan sipil.

Sebuah rudal menghantam sebuah gedung apartemen bertingkat tinggi di pinggiran barat daya Kiev dekat salah satu dari dua bandara kota, meninggalkan lubang bergerigi pada apartemen yang rusak di beberapa lantai. Seorang pekerja penyelamat mengatakan enam warga sipil terluka.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1931 seconds (0.1#10.140)