Mengenal Spetsnaz, Pasukan Khusus Rusia yang Menghancurkan Pertahanan Ukraina

Sabtu, 26 Februari 2022 - 21:03 WIB
loading...
A A A
Setelah runtuhnya Uni Soviet, mereka menemukan diri mereka berperang di "wilayah rumah", memastikan bahwa republik otonom Chechnya tetap menjadi bagian dari Rusia.

Mereka juga dilaporkan berperan penting dalam pengambilalihan sebagian Ukraina. Krisis Crimea pada 2014 memperlihatkan beberapa ratus anggota unit Airborne Spetsnaz (VDV) berpakaian seperti warga sipil melakukan aneksasi tak berdarah.

Tentara Spetsnaz juga direkrut untuk berbagai peran keamanan dan kontra teroris. Setelah runtuhnya Uni Soviet, tentara Spetsnaz direkrut untuk berbagai peran keamanan dan kontra-teroris.

Salah satu unit Spetsnaz, yang dikenal sebagai Vega, mengkhususkan diri dalam menangani insiden nuklir. Satu lagi yang disebut Fakel (atau obor) terampil dalam menangani situasi penyanderaan.



Sebagai pasukan elit di Rusia, yang telah memiliki dinas intelijen militer formal selama lebih dari 200 tahun, proses seleksi Spetsnaz sangat melelahkan.

Pelatihan untuk menjadi tentara Spetsnaz berlangsung hingga lima tahun. Proses induksi itu sendiri brutal dan berlangsung selama lima bulan, menurut informasi yang tersedia di beberapa situs Rusia.

Laporan tersebut mengatakan bahwa rekrutan ini sering dipilih sendiri dari unit militer lain, dan biasanya mereka yang menunjukkan “tanda-tanda karakter yang tangguh”.

Menurut BBC, pasukan komando di unit khusus Spetsnaz berjumlah antara 1.500 dan 2.000. Unit ini dikendalikan oleh Layanan Keamanan Federal (FSB).

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2663 seconds (0.1#10.140)