Mengenal Spetsnaz, Pasukan Khusus Rusia yang Menghancurkan Pertahanan Ukraina

Sabtu, 26 Februari 2022 - 21:03 WIB
loading...
Mengenal Spetsnaz, Pasukan Khusus Rusia yang Menghancurkan Pertahanan Ukraina
Spetsnaz, pasukan khusus Rusia yang menghancurkan pertahanan Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Rusia secara resmi melancarkan invasi ke Ukraina pada Kamis dini hari. Pasukan Ukraina dipaksa bertahan melawan invasi militer Rusia yang lebih besar dan bersenjata lebih baik dari tiga sisi.

Laporan menyebutkan bahwa di antara unit militer yang Rusia yang melintasi perbatasan Ukraina adalah Spetsnaz. Para pejabat Barat percaya bahwa Spetsnaz telah mempelopori invasi ke Ukraina, menembus perbatasan sebelum pemboman dimulai pada Kamis dini hari.

Spetsnaz adalah unit militer khusus yang oleh banyak orang di Rusia dianggap mirip dengan pasukan khusus milik Inggris, SAS. Mereka telah melakukan misi selama masa perang serta perdamaian, dalam keadaan darurat di seluruh dunia.

Spetsnaz adalah pasukan infanteri ringan milik Rusia yang telah mendapatkan reputasi untuk keterampilah khusus mereka. Pasukan ini digunakan Rusia dalam sejumlah konflik besar internasional, seperti krisis Suriah dan untuk memimpin serangan terhadap pemberontak Chechnya.



Tapi apa sebenarnya spesialisasi mereka dan bagaimana mereka mendapatkan reputasi mereka?

Dikutip dari situs Forces.net, Sabtu (26/2/2022), Spetsnaz adalah singkatan dari dua kata Spetznaz adalah singkatan dari dua kata Rusia yaitu spetsialnoye naznacheniya.

Kata pertama ini dapat diterjemahkan sebagai “khusus” dan yang kedua dapat diterjemahkan sebagai “tujuan/fungsi”. Tambahkan semuanya bersama-sama dan kita akan mendapatkan fungsi khusus untuk tujuan khusus.

Spetsnaz telah menjalankan "fungsi khusus untuk tujuan khusus" di semua benua selama 70 tahun terakhir. Sederhananya, Spetsnaz adalah pasukan intervensi terlatih – yang terbaik dari militer Rusia dan dinas intelijen.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1260 seconds (0.1#10.140)