Sebelum Perang, Putin Ramaikan Teori Ukraina Ingin Miliki Senjata Nuklir

Jum'at, 25 Februari 2022 - 15:22 WIB
loading...
A A A
Apa yang menjadi akar dari invasi Rusia ini?

Moskow menganggap Ukraina dalam lingkup pengaruh alaminya, dan semakin terkesima dengan kedekatan Ukraina dengan Barat dan prospek bahwa negara itu mungkin bergabung dengan NATO atau Uni Eropa. Sementara Ukraina bukan bagian dari keduanya, ia menerima bantuan keuangan dan militer dari Amerika Serikat dan Eropa.

Apakah ketegangan ini baru dimulai sekarang?

Antagonisme antara kedua negara telah membara sejak 2014, ketika militer Rusia menyeberang ke wilayah Ukraina, setelah pemberontakan di Ukraina menggantikan presiden mereka yang pro-Moskow dengan pemerintah pro-Barat. Kemudian, Rusia mencaplok Crimea dan menginspirasi gerakan separatis di timur. Gencatan senjata dinegosiasikan pada tahun 2015, tetapi pertempuran terus berlanjut.

Bagaimana invasi ini terungkap?

Setelah mengumpulkan kehadiran militer di dekat perbatasan Ukraina selama berbulan-bulan, pada 21 Februari, Presiden Rusia Vladimir Putin menandatangani dekrit yang mengakui dua wilayah pro-Rusia yang memisahkan diri di Ukraina timur.

Pada 23 Februari, ia menyatakan dimulainya “operasi militer khusus” di Ukraina. Beberapa serangan di kota-kota di seluruh negeri sejak itu terjadi.

Apa yang dikatakan Putin tentang serangan ini?

Putin mengatakan dia bertindak setelah menerima permohonan bantuan dari para pemimpin wilayah separatis yang didukung Rusia Donetsk dan Luhansk, mengutip tuduhan palsu bahwa pasukan Ukraina telah melakukan pembersihan etnis di sana dan menyatakan bahwa gagasan kenegaraan Ukraina adalah sebuah fiksi.

Bagaimana tanggapan Ukraina?
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1122 seconds (0.1#10.140)