Gedung Putih Sebut Langkah Rusia di Ukraina sebagai Invasi

Rabu, 23 Februari 2022 - 00:23 WIB
loading...
Gedung Putih Sebut Langkah Rusia di Ukraina sebagai Invasi
Gedung Putih sebut langkah Rusia di Ukraina sebagai invasi. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Seorang pejabat senior Gedung Putih berulang kali menuduh Rusia melakukan "invasi" ke Ukraina dengan mengirim pasukan ke wilayah Luhansk dan Donetsk yang memisahkan diri.

Pernyataan wakil penasihat keamanan nasional Jon Finer mewakili perubahan retoris pemerintahan Biden, yang pada hari Senin menolak menyebut langkah Rusia ke Ukraina sebagai invasi setelah peringatan selama berbulan-bulan tentang penumpukan militer Moskow dan peningkatan agresi.

“Kami pikir ini, ya, awal dari sebuah invasi, invasi terbaru Rusia ke Ukraina,” kata Finer kepada CNN, merujuk pada pasukan Rusia yang bergerak ke apa yang disebut Republik Rakyat Donetsk dan Republik Rakyat Luhansk – keduanya dikendalikan oleh kekuatan yang didukung Rusia.



"Saya pikir 'terbaru' penting di sini," ujar Finer.

“Invasi adalah invasi, dan itulah yang sedang berlangsung. Tetapi Rusia telah menginvasi Ukraina sejak 2014,” imbuhnya merujuk ketika Rusia mencaplok semenanjung Crimea seperti dikutip dari Politico, Selasa (22/2/2022).

Didesak pada apakah tindakan Rusia merupakan invasi atau hanya awal dari serangan baru ke Ukraina, Finer mengatakan: “Saya tidak tahu seberapa jelas saya bisa. Ini adalah awal dari sebuah invasi.”

“Maksud saya, sekali lagi, saya kira untuk ketiga atau keempat kalinya, saya menyebutnya sebagai invasi,” tambah Fine.



Menyusul keputusan Putin untuk secara resmi mengakui kemerdekaan wilayah Luhansk dan Donetsk, Presiden Joe Biden pada hari Senin mengeluarkan perintah eksekutif yang memperluas sanksi yang dijatuhkan terhadap Rusia pada tahun 2014.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2148 seconds (0.1#10.140)