NATO Segera Putuskan Soal Pengerahan Lebih Banyak Pasukan Dekat Rusia

Jum'at, 11 Februari 2022 - 22:25 WIB
loading...
A A A
Rusia menyangkal tuduhan berniat menyerang Ukraina dan mengatakan semua manuver militernya berada dalam wilayahnya sendiri.

Moskow menyalahkan NATO atas eskalasi ketegangan saat ini, dengan mengatakan organisasi itu selama beberapa dekade mengabaikan kekhawatiran Rusia atas ekspansi Eropa dan pengembangan infrastruktur militer di Eropa Timur.

Menurut DPA, rencana NATO juga mencakup kemungkinan reposisi pasukan di bagian lain Eropa. Beberapa pihak khawatir tentang reaksi Rusia terhadap berita tersebut.

Badan tersebut menyarankan penolakan publik Hongaria untuk menampung pasukan tambahan di wilayahnya sebagai tanggapan atas krisis di Ukraina mungkin cukup membuat Moskow menahan diri dalam tanggapannya.

Pengerahan pasukan itu juga dapat menimbulkan masalah di Slovakia, di mana ada oposisi yang signifikan terhadap kehadiran militer asing.

Pekan ini, parlemen nasional negara itu mengambil keputusan yang sangat diperdebatkan untuk memberikan pasukan AS penggunaan dua pangkalan militer di Slovakia selama setidaknya sepuluh tahun dengan imbalan investasi sebesar USD100 juta dalam infrastruktur fasilitas.

Ribuan orang memprotesnya pada hari Parlemen memperdebatkan perjanjian itu. Hanya 79 dari 150 anggota badan legislatif utama Slovakia yang mendukung kesepakatan itu, dengan banyak anggota parlemen oposisi yang menentang keras.

(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1160 seconds (0.1#10.140)