Ukraina Tuding Rusia Lakukan Blokade Laut

Jum'at, 11 Februari 2022 - 04:09 WIB
loading...
Ukraina Tuding Rusia Lakukan Blokade Laut
Kapal angkatan laut Rusia melewati selat Bosphorus dari Mediterania ke Laut Hitam. Foto/BBC
A A A
KIEV - Ukraina menuduh Rusia memblokir aksesnya ke laut saat Rusia bersiap untuk latihan angkatan laut minggu depan di tengah meningkatnya ketegangan di wilayah tersebut.

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengatakan Laut Azov sepenuhnya diblokir dan Laut Hitam hampir sepenuhnya terputus oleh pasukan Rusia.

Rusia telah berulang kali membantah rencana untuk menyerang Ukraina meskipun mengerahkan lebih dari 100.000 tentara di perbatasan. Namun negara itubaru saja memulai latihan militer berhari-hari dengan negara tetangga Belarusia .

Belarusia adalah sekutu dekat Rusia dan memiliki perbatasan panjang dengan Ukraina.



Latihan angkatan laut Rusia akan berlangsung minggu depan di dua laut di selatan Ukraina, Laut Hitam dan Laut Azov. Rusia telah mengeluarkan peringatan pantai mengutip latihan penembakan rudal dan meriam.

"Daerah yang belum pernah terjadi sebelumnya di mana manuver akan dilakukan membuat navigasi di kedua laut praktis tidak mungkin," kata Kementerian Luar Negeri Ukraina seperti dikutip dari BBC, Jumat (11/2/2022).

Menteri Pertahanan Ukraina Oleksiy Reznikov juga mentweet bahwa perairan internasional kedua laut telah diblokir oleh Rusia.

Ketegangan tinggi antara Rusia dan Ukraina di wilayah Laut Hitam dan Laut Azov terjadi sejak Rusia mencaplok Crimea pada 2014. Pada 2018, Rusia menyita tiga kapal angkatan laut Ukraina.

Latihan angkatan laut di sisi selatan Ukraina merupakan tambahan dari 10 hari latihan militer yang saat ini sedang berlangsung di Belarus, di utara Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1845 seconds (0.1#10.140)