Ketika Museum Belanda Pamerkan Dokumentasi Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Kamis, 10 Februari 2022 - 16:04 WIB
loading...
A A A
Lukisan aquarelle, kecil sehingga tidak dapat ditemukan, menunjukkan pesawat pengebom Belanda di atas kota, pasukan terjun payung Belanda mendarat dan korban di pemakaman.

Juga dipamerkan adalah mantel pagi yang dibuat oleh wanita Belanda; Jeanne Van Leur-de Loos, dari peta sutra yang digunakan oleh tentara Inggris.

“Semakin Anda menceritakan kisah-kisah ini, semakin dekat Anda dengan masa lalu,” kata Bonnie Triyana, sejarawan Indonesia dan kurator tamu pameran tersebut.

Dalam beberapa tahun terakhir, Belanda akhirnya mulai bergulat dengan warisan sejarah kolonialismenya.

Rijksmuseum tahun lalu menggelar pameran sejarah perbudakan Belanda.

Tetapi pendudukan Belanda selama tiga abad di Indonesia, yang dulu dikenal sebagai Hindia Belanda, khususnya tetap menjadi subjek yang lembut di Belanda.

Bulan lalu sebuah kelompok yang mewakili para korban kolonialisme Belanda mengajukan tuntutan terhadap Rijksmuseum dan direkturnya atas istilah yang digunakan dalam pameran tersebut.

Kata “bersiap” digunakan di Belanda untuk merujuk pada waktu tepat setelah Perang Dunia II ketika warga negara Belanda, China, dan lainnya yang dicurigai bersimpati dengan pasukan kolonial menjadi sasaran pasukan kemerdekaan.

Kelompok tersebut mengatakan itu adalah "istilah rasis dan menghina" yang digunakan untuk meminggirkan sekelompok warga keturunan Belanda-Indonesia.

Namun jaksa Belanda pada hari Rabu membatalkan tuduhan itu, dengan mengatakan istilah itu “tidak mengandung kesimpulan negatif tentang orang Indonesia sebagai sebuah kelompok karena ras mereka”.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1027 seconds (0.1#10.140)