Yogi Adityanath, Pendeta Anti-Muslim Berpeluang Jadi PM India Gantikan Modi

Selasa, 08 Februari 2022 - 15:07 WIB
loading...
A A A
Laporan media India mengatakan lebih dari 100 tersangka kriminal—kebanyakan dari mereka Muslim atau pun kasta Dalit—telah dibunuh secara ekstra-yudisial oleh polisi Uttar Pradesh di bawah pemerintahannya. Namun, Adityanath membantahnya.

Gaya politiknya sangat selaras dengan partainya, yang telah dituduh memicu intoleransi agama untuk keuntungan elektoral, mempertanyakan kredensial sekuler dan demokratis India yang telah lama dihargai.

Adityanath juga tampaknya menjadi pelengkap untuk Modi, mendorong agenda mayoritas Hindu partai dengan ganas sementara perdana menteri sampai batas tertentu dibatasi oleh kewajiban kantornya.

Di dalam partai, dia dipandang sebagai calon penerus Modi, yang 20 tahun lebih tua darinya.

Aksinya yang kuat dalam Pemilu Uttar Pradesh yang berlangsung selama tujuh putaran pemungutan suara sebelum penghitungan pada pekan awal Maret—akan meningkatkan status itu.

Jajak pendapat menempatkan BJP di sekitar 43 persen, jauh di depan partai sosialis Samajwadi dan cukup mudah untuk menjadi mayoritas mutlak.

"Terlalu dini untuk mengatakan tentang perannya di masa depan. Tetapi jelas bahwa dia adalah yang kedua setelah Modi," kata seorang anggota BJP kepada AFP, yang meminta namanya tidak disebutkan.

"Mungkin agak terlalu dini, tetapi tentu saja dia adalah pesaing untuk pekerjaan perdana menteri."
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1431 seconds (0.1#10.140)